Ilustrasi motor matik (Stanly/Otomania)
Ilustrasi motor matik (Stanly/Otomania) ( kompas.com)

Ini 4 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengendara Motor Matik

26 November 2020 16:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Motor bertransmisi otomatis atau skuter matik ( Skutik) memang menjadi kendaraan roda dua paling populer saat ini.

Tidak heran bila peminat sepeda motor matik ini semakin mendominasi pasar kendaraan roda dua.

Kemudahan dalam pengoperasiannya hingga kenyamanan pada saat membawa barang menjadi salah satu alasan para konsumen.

Walau terkesan mudah, ternyata masih banyak pengendara Skutik yang melakukan kesalahan saat berkendara.

Ini kesalahan yang sering dilakukan pengendara motor matik

1. Berakselerasi dengan cepat

Mengendarai Skutik memang tidak sama dengan motor semi manual atau yang menggunakan kopling, terutama pada saat berakselerasi.

Hanya saja, tidak sedikit yang memperlakukan motor matik layaknya motor manual yakni dengan menarik gas secara spontan saat berakselerasi.

Oke Desiyanto dari Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng mengatakan, kebiasaan ini berakibat terhadap komponen mesin, transmisi dan juga ban akan menjadi cepat aus.

“Ini karena selalu mendapat stres (tekanan berlebihan) berulang-ulang. Sebaiknya, dibiasakan membuka gas selalu dengan cara mengurut (bertahap), sehingga kecepatan sesuai dengan kebutuhan,” kata Oke kepada Kompas.com, belum lama ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm