Kebutuhan ibu hamil dan menyusui
Kebutuhan ibu hamil dan menyusui ( SHUTTERSTOCK)

Apakah IQ Anak Ada Hubungannya Dengan Kadar Vitamin D Ibu Saat Hamil ?

27 November 2020 10:33 WIB

SonoraBangka.id - Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak.

Nah, asupan vitamin D memiliki banyak peran vital dalam kesehatan, termasuk para ibu hamil yang menginginkan bayinya tumbuh dengan tulang yang sehat dan kuat.

Manfaat vitamin D pada tubuh utamanya adalah meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor untuk mendukung kekuatan tulang dan gigi.

Menurut studi baru dalam The Journal of Nutrition, peran vitamin D selama kehamilan tak cuma untuk pertumbuhan tulang bayi saja.

Para peneliti telah menemukan bahwa kadar vitamin D pada ibu hamil berhubungan dengan tingkat kecerdasan anak mereka.

Studi tersebut menemukan bahwa saat vitamin D ibu dikirim lewat plasenta ke bayinya, hal itu mendukung pertumbuhan janin, termasuk perkembangan otak.

Studi itu dilakukan oleh Melissa Melough dan rekan penelitinya menggunakan data dari studi tahun 2016 tentang kondisi yang mempengaruhi perkembangan neurokognitif dan pembelajaran anak usia dini (CANDLE). 

Para ibu hamil yang menjadi responden diundang untuk menganalisis pertumbuhan anak-anak mereka. 

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm