Ilustrasi
Ilustrasi ( cookpad.com )

Viral Di Media Sosial, Berikut Cara Membuat Popcorn Permen Karamel

6 Desember 2020 10:54 WIB

SonoraBangka.id - Resep popcorn yang dimasak dengan permen, Akhir-akhir ini kembali naik daun. Salah satunya popcorn permen karamel Alpenliebe. Resep popcorn unik ini digandrungi setelah Chef Arnold Poernomo membuat popcorn dengan permen kopi berlapis emas. Seperti pada channel JAGO MASAK di YouTube yang menjabarkan resep pembuatan popcorn dengan permen susu karamel. Berikut resep popcorn permen karamel, bisa menjadi camilan di rumah saat nonton film :

Resep popcorn permen karamel

Bahan :

  • 100 gram biji jagung
  • 1 sdm minyak sayur
  • 1 sdm margarine
  • 2 sdm butter
  • 1 bungkus permen Alpenliebe rasa susu karamel (125 gram)  atau bisa dengan merk lain atau diganti dengan gula biasa dengan takaran yang sama
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt baking powder
  • 50 ml air

Cara membuat popcorn permen karamel

  1. Pertama panaskan minyak, margarin, dan butter dengan api sedang.  Masukkan biji jagung dan aduk hingga merata.
  2. Tutup panci kemudian tunggu hingga biji jagung mulai meletup. Goyang-goyangkan panci sesekali agar matang merata.
  3. Matikan kompor kalau semua biji jagung telah meletup. Tips agar mengetahui semua biji jagung matang ditandai dengan makin melambatnya bunyi letupan. Matikan kompor segera setelah bunyi letupan popcorn mulai melambat, untuk menghindari popcorn gosong.
  4. Pindahkan popcorn ke dalam mangkok yang besar. Panaskan gula dan permen karamel dengan api sedang. Masukkan air pada saat gula mulai meleleh.
  5. Tambahkan butter ketika permen telah betul-betul mencair.  Masukkan garam diikuti dengan baking powder, lalu aduk hingga teksturnya menjadi berbusa.
  6. Matikan kompor, lalu masukkan popcorn ke dalam panci sedikit demi sedikit. Aduk segara popcorn hingga tercampur merata dengan saus karamel tidak gosong. Masukkan ke dalam mangkuk dan siap untuk disajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Popcorn Pakai Permen Karamel, Videonya Viral di Media Sosial", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/03/081907975/resep-popcorn-pakai-permen-karamel-videonya-viral-di-media-sosial.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm