Ilustrasi lidah mertua (Sansevieria trifasciata )
Ilustrasi lidah mertua (Sansevieria trifasciata ) ( Kompas.com)

Berikut Ini 4 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Untuk Kesehatan Kita

13 Desember 2020 09:09 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu tanaman hias yang cukup populer di kalangan pencinta tanaman salah satunya adalah Snake plant atau Sansevieria atau lidah mertua.

Kemungkinan alasan mengapa banyak orang menjadikan lidah mertua sebagai tanaman hias pilihan untuk mempercantik rumah adalah perawatannya yang tergolong mudah.

Termasuk tanaman yang tangguh, lidah mertua ini kuat dan dapat bertahan hidup di lingkungan yang relatif kering, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Selain dapat menjadi bagian dari dekorasi ruangan, setidaknya ada empat manfaat lidah mertua bagi kesehatan:

1. Penyaring udara ruangan

Tanaman ini menjadi unik karena hanya salah satu di antara segelintir tanaman yang dapat mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen di malam hari.

Kualitas ini menjadikannya tanaman yang ideal untuk dekorasi kamar tidur karena dapat membantu mengatur aliran udara yang sehat.

Menurut Healthline, mirip dengan jenis sukulen rumah tangga lainnya, lidah mertua dapat membantu menyaring udara dalam ruangan.

2. Menghilangkan polutan beracun

Lidah mertua juga dikenal karena kemampuannya membantu menghilangkan polutan udara beracun.

Meskipun kontribusinya terbilang kecil, lidah mertua dapat menyerap polutan penyebab kanker, antara lain CO2, benzene, formaldehyde, xylene, dan toluene.

Dengan kemampuan menyerap dan mengeluarkan racun berbahaya, tanaman ini dapat berperan sebagai perlindungan yang cukup efektif terhadap alergi udara.

3. Penghasil oksigen

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm