Ilustrasi sambal mercon terbuat dari puluhan cabai rawit merah.
Ilustrasi sambal mercon terbuat dari puluhan cabai rawit merah. ( SHUTTERSTOCK/IZZ HAZEL)

Bisa Untuk Campuran Pentol Dan Jeroan, Berikut Resep Sampal Mercon

13 Desember 2020 11:08 WIB

SonoraBangka.id - Sebutan untuk sambal matang yang rasanya sangat pedas karena menggunakan puluhan cabai rawit merah adalah sambal mercon. Bahan lain yang digunakan sekadar penambah rasa. Selain kamu dapat menyantap sambal mercon bersama ikan atau tempe goreng kamu juga bisa mencampur sambal mercon dengan cilok, pentol, atau irisan jeroan sapi. Ikuti cara membuat sambal mercon sederhana ala Sajian Sedap berikut.

Resep sambal mercon

Bahan

  • 1 sdt ebi, seduh dan sangrai
  • 10 buah bawang merah
  • 30 buah cabai rawit merah
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 125 ml minyak untuk menumis

Cara membuat sambal mercon

  1. Ulek kasar bawang merah, cabai rawit, dan ebi.
  2. Panaskan minyak. Tumis sambal mercon. Tambahkan garam dan gula. Aduk rata sampai matang. Angkat. Sajikan sambal mercon bersama nasi putih dan lauk goreng atau campur dengan cilok maupun jeroan sapi.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Sambal Mercon, Campur Pentol atau Jeroan Sapi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/12/213202075/resep-sambal-mercon-campur-pentol-atau-jeroan-sapi.
    iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm