Mika lampu sepeda motor kusam   (Foto: Motorplus)
Mika lampu sepeda motor kusam (Foto: Motorplus) ( kompas.com)

Cara Mengatasi Mika Lampu Motor yang Mulai Kusam atau Menguning

15 Desember 2020 20:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu yang memengaruhi penampilan motor yaitu bentuk dari lampu depannya. Tapi akan sangat disayangkan kalau lampu yang modelnya sudah keren, mikanya malah kusam atau menguning.

Mika lampu yang kusam ini tentunya jadi kurang enak dilihat. Selain itu, pancaran lampu dari bohlam juga jadi tidak maksimal karena terhalang mika yang kusam.

Tapi bila kusamnya masih tidak terlalu parah, sebenarnya bisa dibersihkan dengan memakai pasta gigi, seperti yang dikatakan Christopher Sebastian, sebagai Presiden Direktur XTO Car Care.

Caranya pun tidak sulit, pertama bersihkan dahulu mika lampunya sampai bersih kemudian keringkan. Setelah kering, oleskan pasta gigi secara merata ke permukaan lampu dan gosok dengan cara melingkar.

“Setelah itu diamkan sejenak, lalu siram dengan air sampai bersih,” ucap Christopher kepada Kompas.com belum lama ini.

Membersihkan dengan pasta gigi ini hanya efektif jika buram di luar saja. Sedangkan bila sampai menguning, mika harus dibuka dan dibersihkan dari bagian dalam.

Asep Suherman sebagai Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung,  mengatakan, ada berbagai faktor yang menyebabkan mika lampu jadi kusam, seperti usia motor , bohlam yang tidak sesuai dan retakan kecil.

"Bisa karena pernah memakai bohlam lampu yang tidak standar atau memang usia pakai yg sudah terlampau lama, atau bisa juga ada lubang kecil atau retakan yang mengakibatkan debu, kotoran, air masuk ke dalam mika lampu, mengakibatkan pengembunan sehingga lama kelamaan menjadi kusam," kata Herman kepada Kompas.com.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mengatasi Mika Lampu Motor yang Mulai Kusam dan Menguning", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/15/111200615/cara-mengatasi-mika-lampu-motor-yang-mulai-kusam-dan-menguning.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm