Ban Tubeless (Foto: Istimewa)
Ban Tubeless (Foto: Istimewa) ( kompas.com)

Tubeless Masih Menggunakan Ban Dalam, Jadi Mubazir!

21 Desember 2020 22:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Sekarang ini ada dua tipe ban motor yang ada di pasaran. Pertama yaitu tube type yang masih memakai ban dalam dan satu lagi yaitu tubeless yang tidak perlu memakai ban dalam.

Beberapa motor yang baru keluar dari pabrik sudah menggunakan ban tubeless. Tapi seiring digunakannya motor, pasti sering mengalami bocor sehingga harus ditambal.

Pada saat sudah terlalu banyak tambalan atau bannya sudah tidak bagus lagi, ada satu cara mengakali agar tetap bisa digunakan, yaitu dengan memakai ban dalam. Lantas apa efek bila melakukan hal ini?

Dodiyanto sebagai Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk., Produsen IRC Tire,  mengatakan, mengakali memakai ban dalam pada ban tipe tubeless akan memberikan efek seperti ban yang bertambah berat.

“Memang tambah berat, namun saat dipakai memang tidak terlalu terasa efeknya. Selain itu juga jadi mubazir,” ucap Dodiyanto kepada Kompas.com, Minggu (20/12/2020).

Mubazir di sini maksudnya memakai ban dalam pada ban tubeless akan menghilangkan fungsi ban tubeless. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga lebih mahal karena harga ban tubeless yang relatif lebih mahal daripada tube type.

“Jika memakai ban tipe tubeless ditambah ban dalam, cost jadi double,” kata Dodiyanto.

Jadi lebih baik kalau memang memakai ban dalam, pakai ban luar yang tipe tube type agar lebih ekonomis. Sedangkan bila ban tubeless sudah rusak karena banyak tambalan, lebih baik ganti yang baru, bukan diakali dengan memakai ban dalam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tubeless Masih Pakai Ban Dalam, Mubazir!", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/21/092200115/tubeless-masih-pakai-ban-dalam-mubazir-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm