Pandji Pragiwaksono menjelaskan makna pelawak kepada Miing Bagito
Pandji Pragiwaksono menjelaskan makna pelawak kepada Miing Bagito ( KOMPAS.com)

Pengakuan Pandji Pragiwaksono Terjun di Dunia Stand Up Comedy

23 Desember 2020 11:08 WIB

SonoraBangka.ID - Komika Pandji Pragiwaksono menceritakan pengalamannya selama terjun di dunia stand up comedy.

Mulai dari kebiasaan hingga kegagalan saat melawak. Tak hanya itu, Pandji Pragiwaksono juga bicara tentang kesantaiannya menghadapi siklus komika, hingga hal penting yang dibutuhkan ketika ingin menjadi seorang komika.

Berikut rangkumannya sebagaimana dikutip lewat kanal YouTube Miing Bagito Channel.

Biasakan tulis materi setiap hari

Pandji Pragiwaksono membiasakan dirinya menulis materi lawak setiap hari karena tidak ingin kehilangan momen tertentu yang bisa saja hal itu lucu jika dibawa ke atas panggung.

Dari tulisan-tulisan tersebut, Pandji Pragiwaksono akan bawa ke beberapa komunitas untuk kemudian dibacakan dan melihat reaksi mereka.

Stres sebelum manggung

Sebelum naik ke atas panggung, biasanya Pandji Pragiwaksono merasa stres. Terkadang hal seperti ini yang membuatnya terlintas tentang penyesalan harus melawak.

Gagal melawak

Tak selalu berhasil mengundang tawa, Pandji Pragiwaksono pernah juga gagal melawak ketika mengisi satu acara di sebuah bank.

Bahkan, petinggi bank yang ada tepat di depannya, sampai memberi kode pada pembawa acara untuk menyudahi segmen Pandji.

Tak khawatir tentang siklus komika

Pandji Pragiwaksono mengaku termasuk santai menghadapi siklus komika. Pasalnya, jika ingin hidup, komunitas-komunitas komika juga akan kembali hidup.

Yang bisa dilakukannya adalah membagikan pengetahuan tentang tampil menjadi komika, lewat YouTube.

Kejujuran dan kaya pengalaman lebih penting

Ingin menjadi komika, Pandji Pragiwaksono menekankan pentingnya untuk jujur, karena apa yang diceritakan adalah pengalaman.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengakuan Pandji Pragiwaksono Terjun di Dunia Stand Up Comedy", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2020/12/23/074341566/pengakuan-pandji-pragiwaksono-terjun-di-dunia-stand-up-comedy?page=2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm