Fuel pump motor (gridoto.com)
Fuel pump motor (gridoto.com) ( kompas.com)

Bensin Sering Kosong, Siap-siap Fuel Pump Cepat Rusak

24 Desember 2020 17:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Perlakuan sederhana bisa mempengaruhi umur komponen sepeda motor. Seperti sering membiarkan tangki bensin kosong bakal membuat fuel pump cepat rusak.

Technical Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan, tangki yang sering kosong bisa membuat pompa bahan bakar yang bertugas menyalurkan bensin ke mesin jadi berkarat.

"Jika motor kehabisan bensin, sedikit-banyak akan mempengaruhi usia fuel pump. Sebab, komponen ini fungsinya menyalurkan bensin ke mesin. Jadi kalau sering bensinnya tidak ada, akan berkarat," kata Endro, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain berkarat, tangki yang sering kosong membuat tugas pompa bensin bekerja lebih berat. Efeknya, komponen yang bekerja lebih berat akan mempengaruhi usia pakai.

"Bensin juga menjadi pendingin pompa. Jadi ketika bensin sudah tidak ada, kerja komponen tersebut jadi lebih berat dan cepat panas. Sehingga, timbul kerusakan di sana," ujar Endro.

Kata Endro, Selain itu, jika tangki sering kosong maka fuel pump akan mudah menghisap kotoran yang mengendap di dalam tangki.

"Kalau tangki bensin kosong kotoran yang mengendap bisa tersedot fuel pump.  Karena itu bahaya kalau sampai pompa ini menghisap kotoran ini bisa bikin macet," kata Endro.

Endro mengingatkan, bila sudah waktunya maka sebaiknya langsung isi bensin. Karena biasanya pengendara motor sering lupa isi bensin bahkan kadang sampai kosong baru mengisi kembali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bensin Sering Kosong, Siap-siap Fuel Pump Jebol", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/23/192100215/bensin-sering-kosong-siap-siap-fuel-pump-jebol.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm