Ilustrasi Ikan Ayam-Ayam
Ilustrasi Ikan Ayam-Ayam ( wikipedia.org)

Berikut 6 Jenis Ikan Air Laut Yang Cocok Dibakar Di Malam Tahun Baru

31 Desember 2020 07:23 WIB

SonoraBangka.id - Kamu bisa menyiapkan aneka bahan makanan untuk acara barbeque atau bakar-bakaran menjelang tahun baru, Ikan air laut adalah alah satu bahan makanan yang enak dan mudah dibakar. Ikan laut juga cenderung memiliki duri yang lebih besar sehingga mudah membersihkannya.Ikan laut terkenal dengan kandungan gizinya yang cukup tinggi. Selain itu, ikan laut juga memiliki rasa daging yang gurih dan tekturnya lembut. Berikut enam jenis ikan laut yang cocok dibakar di malam tahun baru nanti.

1. Ikan tongkol

Ikan tongkol memiliki pola garis yang unik di punggungnya. Ikan tongkol juga memiliki daging yang tebal serta lembut. Panjang ikan tongkol bisa mencapai 60 cm. Agar bumbu meresap ke dalam daging ikan tongkol, kamu hanya perlu memberikan tiga sayatan pada badan ikan tongkol. Kemudian rendam dengan bumbu halus seperti bawang putih, ketumbar, jahe, dan kecap manis, selama 10 menit.

2. Ikan kakap merah

Biasanya ikan kakap merah dibelah menjadi dua bagian tanpa terputus, agar bumbunya meresap. Ikan kakap merah memiliki daging yang tebal dan berwarna putih yang mengandung protein cukup tinggi. Kemudian direndam dengan air perasan jeruk nipis agar aroma amis ikan hilang. Setelah itu, lumuri dengan bumbu halus yang sudah disiapkan. Tunggu selama 10-15 menit, kemudian bakar dengan api sedang agar matangnya merata.

3. Ikan baronang

Ikan baronang terkenal dengan dagingnya yang tebal dan gurih.

Ikan baronang biasanya dimasak dengan cara dibakar. Dibakar dengan olesan bumbu pedas. Jenis ikan air laut ini mudah ditemui di perairan Sulawesi. Di sana, ikan baronang dimasak dengan daun pisang agar bara api tidak mengenai daging ikan. Daging ikan menjadi tidak mudah gosong.

4. Ikan kerapu

Ikan kerapu merupakan salah satu jenis ikan air laut yang biasanya hidup di karang-karang. Ikan ini memiliki daging yang lebut dan rasanya gurih. Namun perlu diperhatikan, ikan kerapu mengeluarkan cairan berlendir yang licin sehingga agak sulit membersihkannya. Gunakan kain atau handuk untuk membersihkan lendir pada badan ikan kerapu. Kemudian potong kerapu hingga berbentuk sayap kupu-kupu. Bumbu bakar yang digunakan untuk ikan kerapu bisa dengan mencampurkan mentega, air jeruk nipis, dan kecap asin. Perlu dicatat, belilah ikan kerapu budidaya bukan hasil tangkapan liar. Sebab, ikan kerapu tangkapan liar semakin langka.

5. Ikan kuwe

Ikan kuwe memiliki daging yang manis alami. Dagingnya juga tebal. Selain itu, tulang ukan kuwe besar-besar sehingga memudahkanmu saat membersihkannya. Cara bakar ikan kuwe adalah belah ikan kuwe menjadi dua bagian. Kemudian, lumuri dengan air perasan jeruk nipis agar amisnya hilang. Bakar dengan kecap manis, bawang putih cincang, dan merica bubuk.

6. Ikan ayam-ayam

Daging ikan ayam-ayam agak berserat, mengingatkan akan daging ayam. Ikan jenis ini memang paling cocok dibakar lantaran kulitnya yang terbilang tebal. Ketika dibakar, kulit yang tebal akan melindungi daging dari panas batu bara berlebih. Jadilah daging ikan tetap lembut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Jenis Ikan Laut yang Cocok Dibakar untuk Barbeque Tahun Baru", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/30/170900075/6-jenis-ikan-laut-yang-cocok-dibakar-untuk-barbeque-tahun-baru?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm