Ilustrasi Ujian Nasional SMA
Ilustrasi Ujian Nasional SMA ( HAI Online)

Asesmen Nasional Bakal Dilaksanakan Awal Tahun Ini, Simak Jadwalnya

7 Januari 2021 14:13 WIB

SonoraBangka.ID

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional pada 2021.

Asesmen Nasional sendiri merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim sebelumnya mengatakan, perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah nggak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Asesmen Nasional juga nggak menggantikan peran UN dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar murid secara individual.

Asesmen Nasional berfungsi menggantikan peran UN sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan.

Untuk pelaksanaanya, Kemendikbud udah menjadwalkan Asesmen Nasional yang bakal dilaksanakan pada awal tahun ini, dari Maret hingga Agustus, sebagaimana dikutip Kompas.com melansir laman Direktorat Sekolah Dasar berdasarkan paparan materi diskusi Rapat Koordinasi Asesmen Nasional, 6 Oktober 2020.

Berikut jadwal Asesmen Nasional tahun 2021 untuk tiap jenjang sekolah:

  • Kelas 5 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI): bulan Agustus 2021.
  • Kelas 8 SMP/MTs: pekan ketiga Maret 2021
    • Kelas 11 SMA/MA: pekan pertama Maret 2021
    • Kelas 11 SMK: pekan kedua Maret 2021
     
    • Paket A dan Paket B: awal April 2021.
    • Kejar Paket C: pekan keempat Maret 2021.

     

    Asesmen Nasional nantinya akan terdiri dari tiga instrumen, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

  • Sebagai alat untuk mengevaluasi mutu sistem, Asesmen Nasional akan menghasilkan gambaran yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di sekolah.

    Jadi, persiapkan diri kalian mulai dari sekarang ya, sob. 

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm