Valentino Rossi (Foto: TIZIANA FABI AFP)
Valentino Rossi (Foto: TIZIANA FABI AFP) ( kompas.com)

Sudah Tidak Jago Lagi Di Lintasan, Rossi Hanya Jadi Figuran di MotoGP

10 Januari 2021 18:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Pelaksanaan Gelaran MotoGP 2020 menjadi musim yang paling buruk bagi pebalap kawakan Valentino Rossi. Dalam 14 balapan pada seri lalu, The Doctor hanya mampu meraih satu podium, yakni saat finis di posisi ketiga pada seri kedua di GP Andalusia.

Karena penampilan buruknya, Valentino Rossi hanya mampu finis di posisi ke 15 klasemen akhir. Bahkan dirinya menjadi satu-satunya pebalap Yamaha yang tidak dapat menembus posisi 10 besar.

Hasil tersebut membuat Bos Aprilia Gresini Fausto Gresini, menilai bahwa Valentnino Rossi sudah tidak lagi menjadi ancaman di MotoGP.

Menurutnya, pebalap asal Italia tersebut sudah tidak jago lagi di lintasan dan bukan tandingan bagi para pembalap lain yang jauh lebih muda.

“Seperti yang kita tahu, Vale adalah pebalap hebat. Dia masih bisa membuktikan itu pada umurnya yang sekarang. Terkadang saya berpikir akan sangat bagus jika Rossi memenangi balapan. Akan tetapi, rasanya sedih jika melihat dia finis ke 15 atau 13," ucap Gresini dikutip dari GPOne, Sabtu (9/1/2021).

Gresini merasa, masanya Rossi di MotoGP sebetulnya sudah berakhir. Hal ini terlihat dari hasil buruk yang ditorehkan pebalap berusia 41 tahun itu dalam beberapa musim terakhir.

“Sejatinya, saya ingin melihat Rossi memenangkan balapan lagi. Dia masih kuat. Akan tetapi, itu sulit terjadi karena kemunculan para pebalap muda berbakat dalam beberapa musim terakhir ini,” kata Gresini.

“Dia akan berumur 42 tahun pada musim depan. Semua ada masanya. Ini buruk untuk dikatakan, tetapi inilah kenyataannya,” lanjut Gresini.

Gresini juga memprediksi, Rossi akan kesulitan untuk bersaing di MotoGP 2021 lantaran akan membela tim satelit di musim yang akan datang.

“Terlebih, dia tidak lagi membela tim pabrikan karena sudah dimutasi ke tim satelit, yakni Petronas Yamaha SRT. Dengan kata lain, dia hanya akan jadi figuran saja,” kata Gresini.

Untuk diketahui, pada gelaran MotoGP 2021 mendatang Valentino Rossi akan bahu membahu bersama Franco Morbidelli untuk membela tim satelit Petronas Yamaha SRT. Sementara posisinya diisi oleh Fabio Quartararo yang akan membela tim pabrikan bersama Maverick Vinales.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Makin Melambat, Rossi Hanya Jadi Figuran di MotoGP", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/10/104100015/makin-melambat-rossi-hanya-jadi-figuran-di-motogp.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm