Ilustrasi bermain media sosial
Ilustrasi bermain media sosial ( Thinkstock )

Berhenti Bermedsos seperti Meghan dan Harry ? Ini 5 Dampak Positifnya

12 Januari 2021 11:39 WIB

SonoraBangka.id - Dengan alasan terlalu banyak kebencian yang diumbar di platform media sosial, Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan untuk berhenti menggunakan platform online tersebut.

Ya, walaupun memiliki manfaat, sejumlah penelitian mengungkapkan jika media sosial memang memberi dampak negatif, terutama untuk kesehatan mental.

Menurut psikiater Christine Moutier, MD, media sosial dapat membuat seseorang merasa rendah diri, karena terus membandingkan diri dengan orang lain.

“Melihat gambar orang lain lebih bahagia atau foto yang menarik dapat menimbulkan harapan yang tidak realistis pada diri sendiri," ujar Moutier kepada Self.

Dia menjelaskan, penggunaan media sosial secara berlebihan juga bisa membuat seseorang merasa lebih terputus dan terisolasi dari dunia luar.

Dampaknya dapat semakin parah apabila berkaitan dengan harga diri, stres, kecemasan, atau bahkan depresi.

Apabila sudah timbul kondisi semacam itu, maka salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah berhenti bermain media sosial.

Caranya dengan menonaktifkan sementara (atau bisa juga permanen) akun media sosial.

Setelah itu, hapus aplikasi media sosial dari ponsel. Setidaknya ada lima manfaat yang bisa didapatkan ketika memutuskan berhenti bermain media sosial.

1. Tidur lebih nyenyak

Banyak orang yang memiliki kebiasaan bermain ponsel termasuk melihat media sosial sebelum tidur.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm