Seorang petugas sedang mengisi bahan bakar jenis Pertamax di SPBU 34-16102 di Jalan Raya Pajajaran, Bogor Utara, Kota Bogor, Rabu (10/10/2018). (KOMPAS.com/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH)
Seorang petugas sedang mengisi bahan bakar jenis Pertamax di SPBU 34-16102 di Jalan Raya Pajajaran, Bogor Utara, Kota Bogor, Rabu (10/10/2018). (KOMPAS.com/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH) ( kompas.com)

Apa Benar Mobil Diesel Lebih Hemat dan Bertenaga Dibanding Mesin Bensin?

17 Januari 2021 18:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Selama ini pasar kendaraan roda empat didominasi dengan dua pilihan jenis mesin yakni mesin diesel dan bensin.

Dua tipe mesin tersebut tentunya memiliki karakter yang berbeda, termasuk juga penggunaan bahan bakar serta cara kerjanya.

Selain perbedaan tersebut, mesin berbahan bakar solar dianggap memiliki beragam keunggulan dibandingkan mesin bensin.

Di antaranya memiliki tenaga yang lebih besar, lebih aman digunakan saat banjir hingga lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar.

Benarkah,mobil diesel lebih hemat dan bertenaga dibandingkan mesin bensin?

Suparna Kepala Bengkel Auto 2000 Cilandak mengatakan, bahwa anggapan tersebut benar adanya.

Menurutnya, mobil dengan mesin diesel memang lebih irit dibandingkan dengan mobil dengan mesin bensin. Hal ini setidaknya disebabkan oleh dua hal.

“Yang pertama karena mesin diesel memiliki kompresi yang sangat tinggi. Sehingga, power yang dihasilkan juga lebih besar per cc bahan bakar,” kata Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Karakter ini membuat efisiensi thermis mesin diesel juga lebih bagus dibandingkan mobil bensin.

Sedangkan untuk penyebab yang kedua adalah kandungan kalori pada bahan bakar jenis solar juga lebih besar dibandingkan jenis bensin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm