Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK)

9 Gejala Kencing Manis Atau Diabetes Yang Perlu Anda Waspadai

18 Januari 2021 07:38 WIB

SonoraBangka.Id - Kencing manis adalah sebutan lain untuk penyakit diabetes mellitus. Kata kecing manis digunakan untuk menggambarkan tingginya kadar gula darah dalam urine.

Seperti diketahui, pada penderita diabetes, ada gangguan keseimbangan antara transportasi gula ke dalam sel, gula yang disimpan di hati, dan gula yang dikeluarkan dari hati.

Akibatnya, kadar gula dalam darah meningkat. Kelebihan kadar gula ini kemudian dikeluarkan lewat urine.

Maka dari itu, urine kemudian akan menjadi banyak dan mengandung gula, sehingga terasa manis.

Pada dasarnya, ada dua hal yang menjadi penyebab kencing manis, yaitu:

  • Pankreas tidak mampu lagi memproduksi insulin
  • Sel tidak memberi respons pada kerja insulin sebagai kunci untuk membuka pintu sel sehingga gula tidak dapat masuk ke dalam sel

Dengan demikian, alasan diabetes sering disebut dengan istilah kencing manis menjadi jelas. Pada keadaan normal, urine tidak mengandung gula dan tentunya tidak terasa manis.

Gejala kencing manis

Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda mengalami diabetes atau tidak adalah dengan melakukan tes gula darah di fasilitas kesehatan atau menggunakan alat khusus secara mandiri.

Tapi, sebelum melakukan cek gula darah, Anda dapat mendeteksi gejala diabetes yang mungkin telah terjadi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm