Ilustrasi
Ilustrasi ( Pressmaster )

Anda Pennyuka Rasa Manis? Tips Mengatasi Kecanduan Makanan Manis

19 Januari 2021 17:37 WIB

SonoraBangka.Id - Sebagian orang mengalami kecanduan makanan manis. Alasan itu pula, yang membuat imbauan mengurangi asupan gula atau menghentikannya sama sekali demi kesehatan, menjadi terasa sangat sulit.

Dr. Jennifer Ashton, kepala koresponden medis ABC News, mengatakan gula dapat ditemukan di dalam banyak makanan yang kita santap.   

Meskipun gula membuat beragam santapan terasa enak, namun asupan gula dapat meningkatkan jumlah asupan total hingga melampaui batas yang disarankan.

"Bacalah label pada bahan makanan tersebut," kata Ashton.

"Balikkan semua yang keluar dari kemasan dan lihat kandungan gulanya."

Berdasarkan saran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), perempuan dapat mengonsumsi 25 gram gula sehari, dan pria 37 gram gula sehari.

Sementara, untuk anak-anak saran asupan gula bervariasi tergantung usia.

Lebih jauh, Ashton mengungkapkan sejumlah cara mudah untuk mengalahkan "kecanduan" gula, demi mencapai kesehatan yang lebih baik. 

  1. Hentikan mendadak

Menurut Ashton, ada bukti ilmiah dan nutrisi yang mendukung fakta bahwa kecanduan gula, dalam istilah biokimia otak, sama dengan kecanduan kokain.

"Bagaimana seseorang mencoba menghentikan kebiasaan kokain? Berusaha menghentikan secara mendadak dan total bukan?" kata dia.

"Demikian pula dengan gula, lakukan penghentian mendadak dan total dari menu harian," sebut dia. 

SumberTribunnews.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm