Jam tangan kayu
Jam tangan kayu ( Tribun Pantura)

Manfaatkan Limbah Kayu, Seorang Guru Honorer Sukses Bisnis Jam Tangan

29 Januari 2021 23:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Nurfaisal Edy Nugroho, seorang guru honorer SMA Negeri 1 Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, sukses menyulap limbah kayu menjadi jam tangan yang elegan dan modern.

Memanfaatkan limbah kayu, pria yang akrab disapa Faisal ini tak hanya membuat jam tangan kayu dengan desain klasik hingga modern, namun juga sering mendapat pesanan sesuai selera pelanggan.

Menurut Faisal, inovasi ini diperolehnya ketika melihat sisa limbah kayu perajin mebel yang tak terpakai.

Ia pun mencoba membuat kreasi hingga akhirnya mendapat banyak pesanan dari pelanggan. Meski dibuat dari limbah, dikatakannya bahwa kualitas jam tangan tetap dijaga.

"Kami memanfaatkan limbah kebetulan di Subah ini banyak sekali limbah dari sisa-sisa mebelan dan bak truk, kemudian kami mecoba untuk mengolah menjadi sebuah karya jam tangan kayu,” tuturnya.

Untuk menghasilkan kualitas yang bagus, Faisal memilih limbah kayu tertentu yaitu limbah kayu jati, sonokeling, sawo, gelugu atau kayu pohon kelapa, dan kayu mepel. Sementara untuk mesin jam tangan diimpornya dari Jepang.

“Awalnya memang dari kayu jati, kemudian ada permintaan mulai dari kayu mepel, sonokeling kemudian kami mengolah dari limbah lokal itu kayu gelugu,” upanya.

Proses membuat jam tangan kayu ini, diawali dengan mendesain dan mencetak kayu sesuai desain, kemudian mengamplasnya, mengecat,  dan terakhir memasang mesin jam tersebut.

Jam tangan kayu ini dibandrol dengan harga Rp 250.000 hingga Rp 500.000 ribu rupiah, namun untuk pesanan khusus dibandrol dengan harga Rp 750.000 ribu rupiah.

Dalam sehari, Faisal dengan 6 orang karyawannya bisa memproduksi 5 buah jam tangan kayu. Selain itu, Faisal juga banyak mendapat pesanan dari kota-kota diluar pulau Jawa seperti NTT, Papua dan Bali.

Artikel ini telah tayang di Sonora.ID dengan judul Manfaatkan Limbah Kayu, Nurfaisal Sukses Dirikan Bisnis Jam tangan

SumberSonora.ID
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm