( )

Harga Cabai Naik Kembali,Diduga Karena STok Terbatas

1 Februari 2021 12:33 WIB

SonoraBangka.Id - Beberapa komoditas barang kebutuhan pokok ada yang mengalami kenaikan pada awal tahun ini. Ditambah mendekati perayaan hari besar keagamaan. 

Harga komoditas bahan pokok seperti cabai, bawang, dan lainnya di Pasar Pagi Kota Pangkalpinang mengalami kenaikan sejak satu bulan terakhir.

Pada Senin (1/2/2021) harga cabai jenis Bangka ini dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan harga cabai dari pasokan luar daerah.

Untuk harga bawang merah berada mulai dari kisaran Rp 26.000 ribu per kilogram untuk ukuran yang kecil dan bawang putih Rp24 ribu per kilogram.

Syahroni, satu di antara pedagang cabai  mengatakan, harga cabai saat ini mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan harga sebelumnya, bahkan sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir.

"Kalau naik ni kurang lebih sebulan, dimana harga jual sebelumnya untuk cabr rawit Bangka berada dikisaran Rp 5.000 untuk sekarang ini naik jadi Rp10.000 seperti," kata Syahroni kepada Bangkapos.com, Senin (1/2/2021).UHarga cabai Bangka ini berada dikisaran harga Rp 100.000 per kilogram untuk cabai rawit, dan Rp 80.000 per kilogram untuk cabai keriting. Sedangkan untuk harga cabai dari luar daerah berada dikisaran Rp 80.000 per kilogram jenis cabai rawit, dan Rp 70.000 per kilogram jenis cabai keriting merah.

Dia menduga kenaikan harga cabai ini disebabkan karena stok yang terbatas dan kondisi cuaca saat ini.

"Saya ambil cabai ini langsung dari petani di Balunijuk. Dimana harga cabai naik ini karena selama musim hujan banyak tanaman mereka ini mati karena penyakit busuk dan stoknya sedikit sehingga harga ini naik dari biasanya," ungkap Syahroni.

Dia menilai tingginya nilai jual cabai jenis Bangka dibandingkan jenis pasokan cabai dari luar karena kualitas dan tingkat kepedasan.

"Kalau kita cabai Bangka ini lebih fresh dari segi kualitasnya karena disini kita ambil langsung ke petani dan juga dari tingkat kepedasan sendiri untuk cabai rawitnya memang diakui lebih pedas," sebutnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm