SonoraBangka.id - Hampir setahun kita berada di masa pandemi global virus corona dan kita tahu bahwa corona telah menghantam kehidupan banyak warga, termasuk di Jakarta.
Imbauan Pemerintah untuk tetap berada di rumah demi memutus rantai penyebaran virus, membuat banyak orang harus bekerja di rumah.
Melakukan pekerjaan kantor di rumah mungkin terdengar sederhana, namun ternyata tidak semudah yang dibayangkan bagi mereka yang tak terbiasa.
Bianca Miller-Cole seorang pengusaha, pakar personal branding, penulis, dan pembicara laris di bidang karir dan bisnis, menguraikan paparannya di laman Forbes.
Menurut perempuan ini, setidaknya ada enam hal yang perlu diperhatikan demi mencapai kesuksesan kerja saat melakukan kewajiban kantor di rumah.
1. Siapkan seperti sedang berada di kantor
Bekerja dari rumah sesekali adalah suatu kemewahan. Kebanyakan orang senang dengan kesempatan itu. Namun, saat ini kita dihadapkan pada kenyataan harus bekerja di rumah dalam jangka waktu panjang, dengan keterikatan waktu yang jelas.
Dengan demikian, kita harus menghentikan rutinitas yang biasa dilakukan.
Misalnya, kita menjadi memiliki waktu lebih lama di tempat tidur, karena tidak membutuhkan waktu "tambahan" untuk perjalanan ke kantor.
Kendati demikian, Bianca menegaskan, tetap penting untuk bangun pagi seperti biasa, dan bersiap untuk bekerja seperti hari-hari normal.
Lalu, penting pula untuk mulai menata ruang kerja yang nyaman. Artinya -tentu sahja, tidak membuat work station di tempat tidur atau di sofa.
Aturlah tempat kerja, di mana kita bisa benar-benar duduk menghadap meja dengan postur yang baik.
Lalu -jika memang diperlukan, tetaplah berpakaian pantas, -misalnya untuk menjawab panggilan video conference. Setidaknya bagian atas tetap rapi, bukan begitu?
Duduklah menghadap meja kerja, dan siap mengawali hari dengan tujuan yang jelas.
2. Susun daftar aktivitas yang sehat