Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Apakah Buta Warna Bisa Disembuhkan? Berikut Ini Penjelasannya

2 Februari 2021 17:37 WIB

SonoraBangka.Id - Buta warna adalah gangguan penglihatan saat seseorang kesulitan atau tidak bisa membedakan warna.

Terdapat beberapa tingkat keparahan buta warna. Penderita buta warna ringan masih bisa mengenali warna dengan baik dalam kondisi cahaya terang. Mereka baru kesulitan membedakan warna dalam kondisi cahaya redup.

Buta warna parah dapat membuat penderitanya hanya melihat warna kelabu. Namun, kondisi ini cukup jarang terjadi.

Gangguan penglihatan ini biasanya memengaruhi kedua mata dan kondisinya menetap seumur hidup.

Buta warna biasanya muncul sejak lahir. Tapi, ada juga yang terkena gangguan penglihatan ini karena masalah kesehatan tertentu.

Apakah buta warna bisa disembuhkan?

Dokter mata dapat mendeteksi seseorang terkena gangguan penglihatan ini lewat tes buta warna. Tes buta warna dilakukan dengan menunjukkan pola tertentu yang terdiri atas titik-titik dengan warna berbeda.

Orang dengan penglihatan normal umumnya dapat menebak dengan tepat bentuk pola warna tersebut.

Sedangkan orang buta warna kesulitan atau tidak mampu menentukan bentuk dari pola tes buta warna tersebut.

Lantas, apakah buta warna bisa disembuhkan? Menurut Mayo Clinic, kebanyakan buta warna bawaan lahir tidak bisa disembuhkan dan  menetap seumur hidup.

Namun, buta warna yang muncul karena efek samping minum obat tertentu atau gangguan mata tertentu terkadang bisa diatasi.

Cara mengatasi buta warna terkait efek samping obat dan gangguan mata bisa dengan menyembuhkan masalah kesehatan mendasar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm