ac mobil (Kompas.com/Fathan Radityasani)
ac mobil (Kompas.com/Fathan Radityasani) ( kompas.com)

Posisi BBM Nyaris Habis, Tak Perlu Matikan AC Cukup Lakukan Ini

2 Februari 2021 22:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mematikan fungsi air conditioner (AC) pada mobil saat berkendara dipercaya mampu menghemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM), khususnya bila indikator bensin sudah berada di posisi E (emergency).

Hal ini dikarenakan kinerja mobil menjadi lebih ringan karena operasional AC tidak diaktifkan. Sehingga, bensin tak cepat terkuras dan kendaraan bisa sampai stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tepat waktu.

Lalu, apakah benar demikian? Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi, mengungkapkan bahwa perilaku tersebut ada benarnya tapi kurang bijak dan tak terlalu berpengaruh.

"Memang, itu bisa mengurangi beban kinerja mesin karena kompresor tidak berkerja dan pada akhirnya konsumsi BBM bisa ditekan. Tapi, tak signifikan apalagi hanya dilakukan pada saat tertentu," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Hal yang lebih berpengaruh terhadap efisiensi BBM, lanjut dia, ialah putaran mesin dan tekanan angin ban, serta penggunaan bahan bakar yang sesuai agar pembakaran di mesin sempurna.

"Kalau AC dimatikan, tapi akselerasi dan pengereman mendadak tetap dilakukan, tidak ada pengaruhnya. Lebih baik jaga putaran mesin," kata Didi Ahadi sebagai Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor.

"Buka jendela juga, kalau terlalu lebar dan kecepatan mobil kencang (kurang lebih 60 kpj), penghematan jadi tak berpengaruh," tambah dia.

Menurut Didi, semakin besar jendela dibuka maka semakin besar pula angin yang masuk untuk menghambat laju kendaraan.

Berikut beberapa tips cara berkendara supaya irit bahan bakar.

1. Biasakan melakukan perpindahan gigi (transmisi manual) pada putaran 2.000-3.000 rpm.

2. Hindari akselerasi dan pengereman mendadak, bila tidak diperlukan.

3. Gunakan tekanan angin pada ban kendaraan sesuai spesifikasi.

4. Gunakan BBM sesuai spesifikasi kendaraan atau rekomendasi pabrikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Darurat BBM Nyaris Habis, Tak Perlu Matikan AC Cukup Lakukan Ini", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/02/152100115/darurat-bbm-nyaris-habis-tak-perlu-matikan-ac-cukup-lakukan-ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm