Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

Ada 5 Tips Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

8 Februari 2021 08:55 WIB

SonoraBangka.Id - Hidung tersumbat sangat menjengkelkan dan juga bisa sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Terlebih lagi saat kita tidur dan hidung tersumbat, maka kita akan sulit untuk bisa terlelap.

Hidung tersumbat biasanya menyebabkan kesulitan bernapas, hidung mampet terkadang bisa sampai menimbulkan sakit kepala mengganggu.

Selain itu suara juga terdengar aneh saat berbicara sehingga menjadi cukup memalukan. Banyak orang mengira hidung tersumbat adalah akibat terlalu banyaknya lendir di saluran hidung.

Namun, hidung yang tersumbat sebenarnya bisa juga disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang di sinus.

Pembuluh darah yang teriritasi ini biasanya dipicu oleh pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus.

Terlepas dari penyebab hidung tersumbat, ada sejumlah cara mudah untuk meredakannya.

Berikut ini adalah beberapa cara dan tips mengatasi hidung tersumbat secara alami:

1. Gunakan humidifier

Humidifier merupakan cara yang cepat dan mudah untuk mengurangi nyeri sinus dan meredakan hidung tersumbat.

Alat humidifier akan mengubah air menjadi kelembapan yang perlahan mengisi udara, meningkatkan kelembapan di dalam ruangan.

Menghirup udara lembab ini dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembengkakan pembuluh darah di hidung dan sinus.

Humidifier juga dapat mengencerkan lendir di sinus. Ini dapat membantu mengosongkan cairan di hidung dan mengembalikan kondisi pernapasan ke keadaan normal.

Letakkan humidifier di kamar untuk meredakan peradangan yang menyebabkan hidung tersumbat.

SumberTribunnews.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm