Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

Mengenal Distonia, Penyebab Gerakan Otot Dan Postur Tubuh Abnormal

8 Februari 2021 13:30 WIB

SonoraBangka.Id - Pernahkan Anda mengalami kontraksi otot sehingga tidak bisa mengatur gerakan? Jika itu terjadi, kemungkinan Anda mengalami distonia.

Distonia adalah kelainan neurologis yang menyebabkan kontraksi otot yang berlebihan dan tidak disengaja. Kontraksi otot ini mengakibatkan gerakan otot dan postur tubuh menjadi tidak normal, sehingga sulit bagi individu untuk mengontrol gerakannya.

Gerakan yang terjadi biasanya berpola dan berulang. Distonia juga bisa menyerang bagian tubuh mana saja, termasuk kelopak mata, wajah, rahang, leher, pita suara, batang tubuh, anggota tubuh, tangan, dan kaki.

Gejala

Tak hanya gerakan dan postur tubuh abnormal, gejala lain distonia juga bisa berupa depresi dan kecemasan. Berikut berbagai gejala yang kerap terjadi pada pasien distonia:

  • Bagian tubuh tertekuk atau dipelintir ke posisi tidak normal.
  • Gerakan tubuh berulang dan berpola, yang mungkin menyerupai tremor.
  • Gejala dapat memburuk atau hanya terjadi dalam kondisi tertentu.

Misalnya, distonia yang terjadi di area tangan mungkin hanya muncul saat menulis atau memainkan alat musik.

Mencoba tugas gerakan di satu sisi tubuh dapat mengaktifkan gejala distonia di sisi yang berlawanan. Gerakan dan postur akibat ditonia juga bisa diredakan sementara waktu dengan sentuhan lembut atau tindakan spesifik yang disebut trik sensorik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm