Merencanakan keuangan keluarga, pintar atur uang
Merencanakan keuangan keluarga, pintar atur uang ( iStockphoto)

Agar Tak Canggung, Ini 4 Tips Bahas Masalah Keuangan Dengan Pasangan

11 Februari 2021 08:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Di masa pandemi Covid-19 seperti ini, kondisi perekonomian pun menjadi lesu.

Akibatnya pasangan harus mengatur ulang masalah keuangan mereka. Namun, di sisi lain masih banyak pasangan yang belum terbuka untuk membahas soal keuangan.

Seperti yang kita ketahui, komunikasi yang baik diperlukan dalam setiap hubungan, dan hal itu termasuk soal keuangan, agar salah satu pihak tak ada yang merasa dibohongi meskipun sifatnya sensitif untuk dibahas.

Melansir dari Kompas.com, Financial Planner, Prita Hapsari Ghozie membeberkan beberapa tips untuk pasangan yang ingin membahas masalah keuangan rumah tangga.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membahas masalah keuangan dengan pasangan tanpa harus merasa canggung.

Saling mendengarkan

Hal ini bisa menjadi hal yang sulit, karena biasanya pasangan sudah pasti akan berdebat dan memiliki alasannya masing-masing.

Namun, di tengah masa pandemi ini, sebaiknya Anda tahan rasa ingin berargumen Anda dan cobalah untuk saling mendengarkan masalah keuangan yang dialami.

Di masa-masa kritis ini, pasangan harus selalu bersama-sama membantu keuangan keluarga agar tak mengalami keterpurukan.

Meluangkan waktu

Pertama-tama, Prita menekankan agar meluangkan waktu khusus untuk berbincang bersama pasangan dalam suasana yang rileks.

"Usahakan buat jadwal untuk ngobrol setidaknya satu bulan sekali untuk membicarakan masalah keuangan," terangnya dalam webinar bersama Enervon C melalui aplikasi Zoom, Kamis (4/2/2021).

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm