Ilustrasi
Ilustrasi ( kompas.com)

5 Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Penderita Asam Urat

9 Februari 2021 21:54 WIB

SonoraBangka.Id - Perubahan pola makan dapat membantu menjaga kadar asam urat dalam tubuh tetap terkontrol.

Kadar asam urat tinggi dapat mengendap di persendian dan memicu serangan asam urat. Salah satu yang perlu dilakukan untuk mengendalikan penyakit ini adalah menjalankan diet rendah purin.

Penderita asam disarankan mengonsumsi makanan sehat minim lemak jenuh, rajin makan serat, serta kacang-kacangan.

Selain itu, pastikan penderita asam urat menghindari makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat.

Berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita asam urat tinggi:

  1. Makanan tinggi gula

Gula yang terdapat di beberapa makanan dan minuman dapat meningkatkan kadar asam urat. Untuk itu, penderita asam urat disarankan membatasi atau menghindari makanan tinggi gula agar penyakitnya tidak mudah kambuh.

Hindari kue-kue manis, permen, sereal dengan pemanis, atau makanan lain yang banyak ditambahi pemanis. Selain itu, setop mengonsumsi minuman ringan, minuman dalam kemasan, soda, minuman berenergi, dan minuman manis lainnya.

  1. Makanan olahan dan berpengawet

Makanan olahan dan berpengawet juga termasuk makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Batasi segala bentuk makanan olahan seperti kue kering, keripik, kerupuk, biskuit, permen, es krim, sampai aneka roti.

Selain itu, hindari segala bentuk makanan yang mengandung bahan pengawet baik itu saus, makanan siap saji, sampai makanan beku.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm