Ilustrasi
Ilustrasi ( Thinkstockphotos )

Tahukah Anda Ada 8 Efek Buruk Terlalu Banyak Duduk Bagi Kesehatan

11 Februari 2021 14:37 WIB

SonoraBangka.Id - Banyak orang memiliki aktivitas minim gerak seperti duduk selama berjam-jam tanpa jeda setiap hari.

Posisi ini adalah jenis aktivitas yang lebih sedikit menggunakan energi dibandingkan dengan berdiri, jalan kaki, atau bergerak.

Sejumlah penelitian menunjukkan efek buruk terlalu banyak duduk ternyata tak baik bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kaki jadi lemah

Bahaya terlalu banyak duduk yang tak boleh disepelekan adalah melemahnya otot kaki. Duduk sepanjang hari membuat tubuh hanya bertumpu pada otot tubuh bagian bawah.

Kondisi ini lambat laun bisa menyebabkan atrofi atau melemahnya otot kaki akibat jarang digunakan. Tanpa otot kaki yang kuat, bagian tubuh ini lebih rentan cedera.

2. Berat badan mudah bertambah

Bergerak membuat otot melepaskan molekul lipoprotein lipase. Molekul ini membantu membakar lemak dan gula agar tidak menumpuk di dalam tubuh.

Ketika terlalu banyak duduk, pelepasan molekul ini berkurang dan bagian belakang tubuh lebih mudah melebar.

Selain itu, orang yang yang terlalu banyak duduk juga lebih berisiko terkena sindrom metabolik. Satu penelitian menemukan, pria yang duduk terus-menerus sepanjang hari rentan mengalami perut buncit.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm