Lumpia
Lumpia ( HUFFINGTON POST, STEAMY KITCHEN)

Mau Tahu Alasan Kenapa 5 Makanan Ini Harus Ada saat Imlek ?

12 Februari 2021 11:41 WIB

SonoraBangka.id - Sudah jadi tradisi, seperti acara kumpul keluarga pada umumnya, saat merayakan Tahun Baru Imlek pastilah akan berlimpah makanan.

Nah, terlebih ada beberapa makanan tertentu yang dipercayai harus ada saat Imlek karena melambangkan keberuntungan.

Selain makanan utama, ada makanan pendamping atau camilan yang dihadirkan saat Imlek.

Apa sajakah itu? Yuk Simak ulasannya berikut ini.

1. Kue beras ketan

Dalam bahasa Kanton, kue beras ketan disebut 'neen' yang terdengar mirip dengan kata 'year' dan 'go' yang mirip dengan kata 'tall' atau 'higher'.

Bila digabungkan, pengucapan nama hidangan tersebut terdengar menguntungkan. Sebab artinya mencapai posisi lebih tinggi di tempat kerja atau keberuntungan setiap tahun.

Kue ini telah ada lebih dari 1.000 tahun dan memiliki banyak variasi dalam penyajiannya karena perbedaan adat istiadat di berbagai daerah di China.

Di Tiongkok Selatan, ada pilihan kue beras manis dan gurih. Sedangkan di Hong Kong, kuenya berwarna merah tua.

Kue beras ketan terbuat dari campuran tepung beras ketan dengan gula lempengan yang cair.

Adonan kemudian dikukus dan didiamkan hingga dingin. Kue bisa langsung dimakan, tapi ada juga yang menggorengnya terlebih dahulu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm