Bupati Bangka, Mulkan ikut memanen buah jambu biji berjenis kristal di kebun Agrowisata Desa Air Anyir Kecamatan Merawang, Selasa (16/2/2021)
Bupati Bangka, Mulkan ikut memanen buah jambu biji berjenis kristal di kebun Agrowisata Desa Air Anyir Kecamatan Merawang, Selasa (16/2/2021) ( Diskominfotik Bangka/ A Mangatas)

Panen Jambu Kristal, Bupati Bangka Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan

18 Februari 2021 10:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Bupati Bangka, Mulkan ikut memanen buah jambu biji berjenis kristal di kebun Agrowisata Desa Air Anyir Kecamatan Merawang, Selasa (16/2/2021).

Sembari memetik buah jambu biji kristal yang sedang dipanen, dirinya pun mengajak masyarakat untuk memanfatkan pekarangan agar lebih produktif.

Mulkan menuturkan, dengan memanfaatkan pekarangan rumah secara maksimal maka dapat menunjang kebutuhan buah atau sayuran bagi keluarga.

Bahkan, menurutnya, apabila hal ini dilakukan dengan lebih serius maka dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

"Hari ini kita panen buah jambu kristal dan ini menjadi contoh bagi masyarakat lainnya. Sehingga kita berharap kedepannya masyarakat yang memiliki lahan meskipun tidak luas untuk dimanfaatkan secara optimal dan maksimal," ungkap Mulkan.

Selain itu, Mulkan juga beranggapan bahwa Kabupaten Bangka ini memiliki banyak potensi guna menunjang pendapatan masyarakat.

Sehingga dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk merubah mindset dari pertambangan ke arah yang lebih ramah lingkungan.

"Daerah kita ini sebetulnya memiliki potensi yang besar, bahkan dengan melemparkan batang ubi saja sudah bisa tumbuh dan kita petik daunnya. Tinggal bagaimna kita merubah pola pikir masarakat dari ketergantungan pertambangan," ujar Mulkan.

Untuk komoditi jambu kristal masih memiliki potensi pemasaran yang cukup luas. Bahkan untuk daerah Bangka Belitung belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan masih mengimpor dari luar daerah.

Pemilik sekaligus pengelola agrowisata Desa Air Anyir, Chandra menyampaikan bisnis pertanian masih terbuka luas dan memiliki potensi yang besar.

Apalagi, hampir seluruh buah yang ada di Bangka Belitung didatangkan dari luar daerah dan menjadi peluang bagi kita semua.

"Untuk jambu kristal sendiri skali panen mencapai satu ton dan dijual hanya di aeral Pangkal Pinang saja. Bahkan itupun belum cukup untuk memenuhi kebutuhan jambu kristal di Bangka Belitung," ungkap Chandra yang akrab disapa Ko Aen.

SumberDiskominfotik Bangka
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm