Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK )

Selalu Mengatakan "Ya" Bisa Hambat Kesuksesan. Benarkah ?

20 Februari 2021 11:08 WIB

SonoraBangka.id - Kesuksesan adalah dambaan setiap orang dalam hal apapun.

Namun, sering kali kita lebih fokus dengan bagaimana menjadi orang yang sukses alih-alih mengurangi kebiasaan buruk yang menjauhkan kita dari kesuksesan.

Padahal, aspek itu tak kalah pentingnya. Semakin banyak kebiasaan buruk yang bisa kita singkirkan, maka akan semakin terkikis batasan-batasan kita dalam mencapai kesukesan.

Salah satu kebiasaan buruk yang mungkin tidak disadari namun sering dilakukan adalah mengatakan "ya" pada pada semua orang dan segala hal.

Menurut The Daily Positive, kebiasaan ini akan membuatmu tidak memiliki ruang, waktu atau tenaga untuk fokus pada hal-hal yang paling kamu inginkan.

Ada beberapa kemungkinan mengapa seseorang mengatakan "ya" pada semua hal, di antaranya:

1. Tidak menyadari melakukan hal itu

Ada sebagian orang yang selalu mengatakan "ya" tetapi tidak menyadari hal itu.

Mereka tahu bahwa mereka tidak mencintai hidup mereka dan tidak mengalami hasil yang diinginkan, tetapi belum menyadari bahwa kebiasaan buruk mereka itu berkaitan dengan sukses di masa depan.

2. Tahu tapi tidak bisa berhenti

Seseorang bisa saja tahu bahwa dirinya selalu mengatakan "ya" pada semua orang, namun merasa canggung jika menolak atau mengatakan "tidak".

Mereka punya pemahaman bahwa mengatakan "ya" akan membuat dirinya menjadi orang baik dan orang baik akan membuat orang lain bahagia serta bisa menjaga kedamaian.

Mereka tidak tahu bagaimana untuk mengatakan "tidak" kepada orang lain tanpa menghilangkan kesan hormat terhadap orang lain dan dirinya sendiri.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm