Naik motor saat musim hujan (Foto: Yamaha)
Naik motor saat musim hujan (Foto: Yamaha) ( kompas.com)

5 Hal Yang Mesti Diperhatikan Pengguna Motor Saat Musim Hujan

21 Februari 2021 22:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Menghadapi Musim hujan pengendara sepeda motor mesti ekstra hati-hati. Jalan yang tergenang air, jalan rusak dan lainnya dapat meningkatkan potensi bahaya di jalan raya.

Manager Public Relations, YRA, Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, mengatakan banyak faktor yang memengaruhi pengguna motor di musin hujan.

"Faktor pengendara, kendaraan, lingkungan atau cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan," kata Anton dalam rilis resmi, Sabtu (20/2/2021).

Setidaknya ada lima hal yang mesti diperhatikan pengguna motor saat musim hujan. Lima hal tersebut mencakup kondisi kendaraan dan hal yang sebaiknya dilakukan pengendara.

"Kita wajib menjalankan safety riding untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya saat berkendara di musim hujan," katanya.

1. Jaga jarak aman

Berkendara dalam kondisi hujan atau jalan yang basah diperlukan jarak yang aman untuk menghindari kecelakan, dikarenakan jalan lebih licin sehingga traksi atau daya cengkram pada roda motor berkurang

2. Selalu waspada

Berusaha untuk tetap fokus terhadap sekitar kita, baik itu kendaraan lain, jalan yang berlubang dan ada orang yang menyebrang.

Tetap waspada serta menjaga fokus akan membantu pengendara untuk mengatur kecepatan pada kecepatan yang aman.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm