Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

4 Gejala Vitiligo Penyakit Memudarnya Warna Kulit Yang Perlu Dikenali

2 Maret 2021 19:20 WIB


SonoraBangka.Id - Vitiligo adalah penyakit yang menyebabkan hilangnya atau memudarnya warna kulit. Area yang berubah warna biasanya bertambah besar seiring waktu. Kondisi tersebut dapat memengaruhi kulit di bagian tubuh mana pun.

Vitiligo juga bisa mempengaruhi rambut dan bagian dalam mulut. Dalam kebanyakan kasus area yang terkena tetap berubah warna selama sisa hidup orang tersebut.

Biasanya, warna rambut dan kulit ditentukan oleh melanin. Vitiligo terjadi ketika sel yang memproduksi melanin (melanosit) mati atau berhenti berfungsi.

Vitiligo dapat memengaruhi orang-orang dari semua jenis kulit, tetapi mungkin lebih terlihat pada orang dengan kulit yang lebih gelap.

Vetiligo memang tidak mengancam jiwa atau menular, tapi kondisi itu bisa membuat stres atau membuat penderita merasa buruk tentang dirinya.

Selain itu, kondisinya fotosensitif. Artinya, daerah yang terkena dampak akan lebih sensitive terhadap sinar matahari daripada yang tidak.

Luas total kulit yang dapat dipengaruhi oleh vitiligo bervariasi antar individu. Sulit untuk memprediksi apakah bercak akan menyebar, dan bisa sampai seberapa banyak.

Penyebaran mungkin memakan waktu berminggu-minggu atau bercak mungkin juga bisa tetap stabil selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Perawatan untuk vitiligo tersedia untuk mengembalikan warna pada kulit yang terkena. Namun, penanganan itu tidak bisa sampai mencegah hilangnya warna kulit selanjutnya atau kekambuhan.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm