Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

4 Penyebab Pingsan yang Perlu Anda Tahu Dan Diwaspadai

5 Maret 2021 12:51 WIB

SonoraBangka.Id - Pingsan atau sinkop adalah hilangnya kesadaran secara tiba-tiba dan sementara. Kondisi ini biasanya terjadi karena kekurangan oksigen yang mencapai otak.

Banyak hal yang dapat menyebabkan otak kekurangan oksigen, termasuk tekanan darah rendah.

Pingsan biasanya tidak serius. Namun, terkadang hal itu dapat mengindikasikan masalah medis yang serius.

Orang harus memperlakukan setiap kasus pingsan sebagai keadaan darurat medis sampai mereka menemukan penyebabnya dan mengobati gejalanya.

Penyebab pingsan

Pingsan biasanya diakibatkan oleh kekurangan oksigen ke otak, seperti adanya masalah dengan paru-paru, peredaran darah, atau keracunan karbon monoksida.

Pingsan menjadi mekanisme bertahan hidup. Jika kadar darah dan oksigen di otak turun terlalu rendah, tubuh segera mulai mematikan bagian non-vital untuk mengarahkan sumber daya ke organ vital.

Saat otak mendeteksi kadar oksigen yang lebih rendah, pernapasan akan dipercepat untuk meningkatkan kadar tersebut.

Denyut jantung juga akan meningkat, sehingga lebih banyak oksigen yang masuk ke otak. Kondisi ini dapat mengurangi tekanan darah di bagian lain tubuh.

Otak kemudian menerima darah ekstra dengan mengorbankan area tubuh lainnya. Kondisi hiperventilasi (napas cepat abnormal) ditambah hipotensi (darah rendah) dapat menyebabkan hilangnya kesadaran jangka pendek, melemahnya otot, dan pingsan.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm