Ilustrasi spooring ban mobil yang terkoneksi dengan sistem komputer.(KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA)
Ilustrasi spooring ban mobil yang terkoneksi dengan sistem komputer.(KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA) ( kompas.com)

Bagaimana Tanda-tanda Mobil Harus Dilakukan Spooring?

6 Maret 2021 16:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktifitas Menjaga kondisi mobil tetap prima merupakan suatu kewajiban pemilik untuk menjaga keamanan dan kenyamanannya. Apalagi, jika kendaraan terkait digunakan secara rutin atau harian.

Salah satu bagian yang patut diperhatikan ialah ban yang memiliki peran sebagai alat bantu kendali atau navigasi, meredam getaran, dan kinerja pengereman serta penerus daya dari mesin.

Sebab, seiring pemakaian roda mobil bisa jadi semakin tidak seimbang akibat bergesernya sudut kemiringan roda. Demikian dipaparkan Training Development Section Head PT Astra Daihatsu Motor Aji Prima Barus di diskusi virtual, Kamis (4/3/2021).

"Pada dasarnya, setelan toe pada mobil penumpang adalah nol dengan toleransi kurang lebih 2 mm. Jika toe terlalu tinggi ke arah positif, maka ada keausan ban bagian dalam karena ada kecenderungan tertarik ke bagian dalam," katanya.

Toe sendiri merupakan salah satu bagian pada geometri roda yang menunjukkan selisih jarak antara roda bagian depan dengan bagian belakang.

Toe positif berarti dua roda depan mengarah ke bagian dalam sementara negatif kedua roda depan mengarah ke luar. Sehingga, bila toe nol maka dua roda depan lurus.

Setelan toe, lanjut Aji, bisa berubah karena di dalamnya terdapat boll joint yang lama-kelamaan akan aus. Ketika aus, panjang kanan dan kiri akan berbeda.

"Oleh karenanya, perlu untuk di spooring. Komponen toe yg diseting tie rod kanan dan kiri. Itu ada baut setelnya, yang bisa dikendurkan, bisa memanjang kanan dan kiri. Itu kanan dan kiri satu-satu," jelas dia.

Lantas bagaimana tanda-tanda mobil harus dilakukan spooring? Menurut Aji, salah satu indikasinya adalah kendali mobil yang lebih berat ke satu arah.

"Ketika toe berubah, maka steering narik ke kanan atau kiri. Misalnya awalnya posisi nol, kemudian roda sebelah kiri lebih positif maka roda tersebut akan narik ke kiri," kata Aji.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm