Menguras tangki bahan bakar Toyota Innova. (Innova Community (IC))
Menguras tangki bahan bakar Toyota Innova. (Innova Community (IC)) ( kompas.com)

Plus Minus Jenis Tangki Bahan Bakar Mobil, Plastik Dan Besi

13 Maret 2021 17:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Tangki memiliki peran penting untuk menyimpan bahan bakar mobil. Ketika pertama mendengar tangki bahan bakar, terlintas kalau komponen ini terbuat dari besi, padahal ada juga yang terbuat dari plastik resin.

Head Product Improvement/ EDER Department Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi mengatakan, ada beberapa kelebihan dan kekurangan bagi tangki berbahan besi dan plastik resin.

Keuntungan dari tangki BBM berbahan resin yaitu lebih ringan dan tidak berkarat. Sedangkan kelemahannya, tangki resin tidak bisa diperbaiki dan harus diganti bila rusak,” ucap Supriyadi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sedangkan untuk tangki yang berbahan besi, kelebihannya yaitu lebih kuat dan tidak mudah rusak atau retak kalau terbentur benda di jalan. Selain itu, bila ada retak, tangki besi tidak perlu diganti, tinggal perbaiki saja.

Sedangkan kekurangan dari tangki besi yaitu bisa mengalami korosi atau berkarat jika ada penguapan atau kondensasi di dalam tangki. Untuk tangki resin bukan berarti bebas dari penguapan, namun lebih rendah terjadinya.

“Karena tidak akan menghasilkan karat, efek kondensasi di tangki resin adalah bercampurnya bensin dengan air. Sehingga jika masuk ke ruang mesin, bisa menyebabkan mesin tersendat,” kata Supriyadi.

Untuk mengurangi risiko kondensasi di tangki bahan bakar, bisa dengan sering mengisi penuh tangkinya. Hal ini membuat ruang udara di tangki semakin kecil dan kondensasi tidak terjadi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Plus Minus Jenis Tangki Bahan Bakar Mobil, Besi dan Plastik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/13/092200815/plus-minus-jenis-tangki-bahan-bakar-mobil-besi-dan-plastik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm