Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali saat membuka gelaran Focus Group Discussion (FGD) Finalisasi Grand Design Keolahragaan Nasional di Hotel JW Marriot, Surabaya, Sabtu (09/01/2020) malam
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali saat membuka gelaran Focus Group Discussion (FGD) Finalisasi Grand Design Keolahragaan Nasional di Hotel JW Marriot, Surabaya, Sabtu (09/01/2020) malam ( (KOMPAS.com/Suci Rahayu) )

Jokowi Tak Ingin Tunda Lagi, PON XX Digelar 02-15 Oktober 2021

15 Maret 2021 14:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Presiden RI Joko Widodo tak ingin Pekan Olahraga Nasional (PON) XX kembali ditunda. PON akan digelar tahun ini, di tengah situasi pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas bersama para menteri di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/3/2021).

"Arahan Bapak Presiden, karena ini sudah siap, kita akan lakukan pada 2021 ini, tidak ada penundaan PON karena ini sudah sempat kita tunda pada 2020," Ucap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, saat memberikan keterangan seusai rapat terbatas, Senin.

Amali menjelaskan, PON XX akan digelar bersamaan dengan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-16. Dua acara tersebut akan digelar pada 2 hingga 15 Oktober 2021 di Papua.

Menurut Amali, PON dan Peparnas akan disesuaikan dengan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona.

Akan tetapi, mekanisme protokol masih dalam pembahasan. Pemerintah masih menimbang apakah kedua ajang itu digelar tanpa penonton, penonton dalam jumlah terbatas, atau penonton dengan kapasitas normal.

"Kita belajar dari Olimpiade Tokyo yang nanti akan dilakukan beberapa bulan ke depan kita akan lihat di situ penerapannya seperti apa.

Protokol kesehatan tentu menjadi penting dan harus dilakukan dengan disiplin," ucap Amali.


Untuk memastikan pencegahan penularan virus, lanjut Amali, dilakukan program vaksinasi Covid-19 untuk para atlet, pelatih, hingga tenaga pendamping.

Rencananya vaksinasi juga akan menyasar masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi acara PON dan Peparnas.

Ditargetkan, program vaksinasi selesai pada awal Oktober mendatang sehingga gelaran PON dan Peparnas dapat berjalan baik.

"Dan kalau dilihat dari perjalanan pelaksanaan kegiatan vaksinasi saya kira saya juga optimis bahwa nanti pada saatnya itu sudah tervaksin semuanya," ujar politisi Partai Golkar itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PON XX Digelar 2-15 Oktober 2021, Jokowi Tak Ingin Ditunda Lagi", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/03/15/13384741/pon-xx-digelar-2-15-oktober-2021-jokowi-tak-ingin-ditunda-lagi.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm