Model difabel LUD dalam sesi foto bersama Yuna & Co.
Model difabel LUD dalam sesi foto bersama Yuna & Co. ( DOK YUNA & CO.)

Melalui Fesyen, Ajak Perempuan Difabel Agar Lebih Percaya Diri !

16 Maret 2021 08:31 WIB

SonoraBangka.id - Di seluruh dunia pun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, ada 1 milyar orang atau 15 persen dari total populasi global yang memiliki disabilitas.

Nah, berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional tahun 2018, diperkirakan ada 14,2 persen atau sekitar 30,38 juta jiwa penyandang disabilitas di Indonesia.

Kaum difabel cenderung mendapatkan tantangan lebih besar untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal ini terjadi karena kekurangan akses, keterbatasan cara komunikasi, adanya diskriminasi, hingga stigma negatif yang terus melekat.

Termasuk salah satunya adalah keterbatasan dalam mengekspresikan diri dalam hal fesyen dan kecantikan.

Berangkat dari kondisi tersebut, gerakan Lipstick untuk Difabel (LUD) pun didirikan sejak Juli 2018.

Pendiri LUD, Laninka Siamiyono mengungkapkan, gerakan itu awalnya merupakan sebuah upaya untuk mendorong kaum perempuan difabel mampu tampil lebih percaya diri melalui makeup.

"Bentuk gerakan ini berupa donasi kepada wanita difabel dengan mengumpulkan lipstik dari sumbangan sesama wanita di Indonesia," ungkapnya melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Dalam waktu dua tahun, LUD berkembang menjadi sebuah komunitas inklusif yang menyatukan wanita difabel dan non-difabel untuk saling menyemangati, berbagai informasi dan saling peduli satu sama lain.

Salah satu kolaborasi terbaru mereka adalah bersama Yuna & Co., platform personal styling dengan teknologi machine-learning.

Sebagai bentuk dukungan terhadap LUD, Yuna & Co. memberikan jasa personal styling serta menyediakan fashion items untuk enam orang model difabel pada sesi pemotretan terbaru LUD.

Kolaborasi ini didukung pula oleh brand-brand desainer lokal Indonesia, yang merupakan partner Yuna & Co., antara lain Figure, Le Bijou, Clouwny, Senora, Elgra, Cloxvox, Ramune, Jauw Active, Bearnice, Square The Label, dan Mava.

Yuna & Co. juga memproduksi konten tentang LUD yang akan dimuat dalam kanal digital perusahaan serta segenap media partnernya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm