Seorang tenaga medis di Jepang sedang divaksinasi Covid-19. - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merilis panduan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan orang setelah di vaksin covid-19.
Seorang tenaga medis di Jepang sedang divaksinasi Covid-19. - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merilis panduan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan orang setelah di vaksin covid-19. ( Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo )

Apa yang Perlu Diperhatikan Setelah Kita Divaksinasi Penuh ?

17 Maret 2021 20:58 WIB

SonoraBangka.id - Agar kita dapat mengembalikan kehidupan yang normal seperti sebelumnya, setiap orang berhak menerima vaksin Covid-19 secara penuh.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), seseorang dianggap telah divaksinasi penuh setelah dua minggu menerima dosis kedua vaksin.

CDC juga menekankan, bagi individu yang tidak menerima dosis kedua vaksin setelah dua minggu atau tidak divaksinasi sama sekali, maka dia tidak terlindungi sepenuhnya.

Itu berarti kita masih perlu melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan orang banyak.

Manfaat vaksin penuh Dokter spesialis penyakit menular, Kristin Englund, MD mengatakan ada banyak manfaat dari mendapatkan vaksin secara penuh.

"Pertama, kita tidak akan mudah sakit. Lalu, kemungkinan besar kita memiliki peluang untuk bertemu orang yang sudah lama tidak kita lihat," terangnya.

Dia mengungkapkan, bahwa orang yang divaksinasi penuh tidak perlu memakai masker di sekitar kelompok yang juga sudah divaksinasi penuh.

Tetapi sekali lagi, hanya di antara mereka yang sudah divaksinasi penuh, tidak hanya sebagian.

"Mendapatkan vaksin secara penuh akan menghasilkan lebih banyak kebebasan," ujarnya.

Butuh waktu  Vaksin masuk ke dalam tubuh kita untuk membantu sistem kekebalan tubuh mempelajari cara mengenali dan melawan virus yang menyebabkan Covid-19.

Vaksin Covid-19 ini mengajarkan tubuh kita untuk melindungi diri dari infeksi di masa depan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm