Tim Gabungan razia ponton isap produk (PIP) di Pantai Tanjung Gunung Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Kamis (18/3/2021)
Tim Gabungan razia ponton isap produk (PIP) di Pantai Tanjung Gunung Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Kamis (18/3/2021) ( Bangkapos.com/ Yuranda)

Puluhan Ponton Tak Bertuan di Pantai Tanjung Gunung Terjaring Razia

19 Maret 2021 09:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Tim Gabungan merazia puluhan ponton isap produksi (PIP) tambang timah Ilegal (TI), di kawasan Pantai Tanjung Gunung, Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Kamis (18/3/2021) siang.

Razia yang dilakukan oleh Tim Gabungan, TNI AL dan Polres Pangkalpinang ini diduga sudah bocor, sehingga, puluhan tambang apung itu terlihat tanpa tuan alias ditinggal pemilikknya.

Saat Tim Gabungan datang ke lokasi pun tampak tidak ada aktivitas tambang disana.

Tim Gabungan yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Pangkalpinang Kompol Johan Wahyudi dan Kasat Polair AKP Heriyanto mendatangi puluhan ponton tersebut menggunakan perahu nelayan personel Polres pun melakukan pengecekan di sekitar.

 

"Kurang lebih semuanya ada 30 ponton termasuk yang kecil-kecil. Diduga razia ini bocor, sehingga pemilik dan pekerjaan tidak ada di ponton ini," kata Kompol Johan Wahyudi, di lokasi, Kamis (18/3/2021).

Katanya, pihak melakukan penertiban berdasarkan ada laporan dari masyarakat tentang aktivitas tambang di Pantai Tanjung Gunung, Pangkalanbaru, Bangka Tengah. 

Secara administrasi wilayah ini masuk Bateng, sedangkan wilayah hukum Polres Pangkalpinang.

Selain, ada aduan dari masyarakat, pihak PT Timah juga melaporkan ke Polres Pangkalpinang untuk melakukan penertiban, karena di wilayah tersebut merupakan kawasan Produksi PT Timah sehingga harus ditertibkan.

"Disini juga ada mitra dari PT Timah, di kawasan perbatasan Sampur dan Tanjung Gunung, Pangkalanbaru Bangka Tengah. Merasa dirugikan, karena timah-timah itu tidak masuk ke PT Timah," katanya.

Johan mengatakan, ponton-ponton ini akan ditarik ke Sat Polair Polres Pangkalpinang, tepatnya di Aliran Sungai, Pangkalbalam, Pangkalpinang guna diamankan lebih lanjut.

"Kami akan ditarik Ponton ini, ke Sat Polair Polres Pangkalpinang, dan sudah 3 ponton kami police line (garis polisi) karena tidak bisa di tarik," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Tim Gabungan Razia Tambang di Tanjung Gunung, 30 Ponton Tak Bertuan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm