Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK)

Anda Harus Tahu 10 Minuman Yang Mengandung Kafein, Tak Hanya Kopi

20 Maret 2021 12:00 WIB


SonoraBangka.Id - Banyak orang beranggapan minuman yang mengandung kafein adalah kopi. Padahal, ada beberapa asupan lainnya yang juga mengandung kafein selain minuman berwarna hitam itu.

Sebelum membahas jenis minuman yang mengandung kafein, simak lebih dulu efek dan manfaat kafein bagi tubuh. 

Efek dan manfaat kafein

Kafein adalah zat yang cepat diserap usus dan bisa memberikan stimulasi pada saraf pusat otak. Berkat efeknya pada sistem saraf pusat, manfaat kafein kerap digunakan untuk meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan.

Kafein yang memiliki nama kimia trimetilxantin ini juga dimanfaatkan untuk mengobati sakit kepala, asma, dan meredakan rasa sakit.

Meskipun minum kafein dalam batas aman umumnya tidak punya efek negatif bagi tubuh, konsumsi asupan zat ini yang terlalu banyak bisa mengganggu kesehatan.

Efeknya bisa membuat tubuh sering ingin kencing, rentan menyebabkan dehidrasi, sampai menyebabkan susah tidur. 

Kafein diserap dalam waktu sekitar 45 menit setelah dikonsumsi. Sedangkan efek kafein umumnya mulai terasa selang 15 menit hingga dua jam kemudian.

Dengan menimbang kandungan dan beberapa efek negatifnya, tidak semua orang bebas mengonsumsi kafein.

Ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak, penderita penyakit jantung, dan pengidap gangguan kesehatan mental tidak boleh sembarangan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Orang dengan dalam kondisi kesehatan tertentu ini perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kafein.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm