Polres Bangka Barat menggelar Gaktibplin terhadap personel Polsek di jajaran Polres Bangka Barat, Rabu (24/03/2021).
Polres Bangka Barat menggelar Gaktibplin terhadap personel Polsek di jajaran Polres Bangka Barat, Rabu (24/03/2021). ( Bangkapos.com/ Rizky Irianda Pahlevy)

Polres Bangka Barat Gelar Gaktibplin Terhadap Personel di Wilayahnya

25 Maret 2021 14:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Polres Bangka Barat melaksanakan giat penegakan, ketertiban dan disiplin (Gaktibplin) terhadap para personel Polsek di jajaran Polres Bangka Barat, Rabu (24/03/2021) kemarin.

Kasipropam Polres Bangka Barat Aiptu Eko Zulkarnain, Seizin Kapolres AKBP Fedriansah bersama anggotanya melakukan pengecekan kelengkapan identitas pribadi, atribut dan kelengkapan kerapian pakaian.

Tak hanya pengecekan kelengkapan identitas dan pakaian, Kasi Propam Polres Bangka Barat juga melakukan pengecekan terhadap senjata api (senpi) personel.

 

Aiptu Eko Zulkarnain mengatakan kegiatan Gaktibplin yang digelar juga memberikan tindakan, bagi setiap personel yang belum tidak sesuai dengan aturan berpakaian.

"Bagi anggota yang ditemukan melanggar Gaktiblin akan diberikan tindakan disiplin, baik teguran maupun tindakan fisik berupa Push up. Kemudian kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya pimpinan, untuk mengetahui langsung kondisi senjata api yang dipegang oleh personil baik dikalangan perwira dan bintara," tuturnya.

Untuk Senpi diharapkan personel selalu mengecek senpi agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan berkaitan dengan penggunaan senpi.

"Jika ada yang rusak, bisa langsung dilaporkan untuk diperbaiki. Pengecekan senpi tersebut juga sebagai kontrol kelayakan senjata api, guna pendukung anggota Polri dalam menjalankan tugas di lapangan," ungkapnya.

Sementara itu Aiptu Eko Zulkarnain mengungkapkan tak akan segan menarik senpi personel yang tidak bertanggung jawab.

"Ini dilakukan untuk mendisiplinkan dan menertibkan anggota dalam penggunaan senjata api, sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) serta menarik senjata api dinas bagi personil yang tidak memenuhi syarat pemegang senpi. Ini untuk menghindari penyalahgunaan senjaya api yang dapat mencoreng, nama baik institusi Kepolisian," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Kasi Propam Polres Bangka Barat Siap Menarik Senpi Jika Personel Tak Bertanggungjawab

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm