Petugas Kepolisian menggeledah salah satu tempat tinggal terduga teroris di kawasan Condet, Jakarta, Senin (29/3/2021). Selain melakukan penggerebekan di wilayah Condet, polisi juga menggerebek terduga teroris di sebuah bengkel di daerah Kabupaten Bekasi .
Petugas Kepolisian menggeledah salah satu tempat tinggal terduga teroris di kawasan Condet, Jakarta, Senin (29/3/2021). Selain melakukan penggerebekan di wilayah Condet, polisi juga menggerebek terduga teroris di sebuah bengkel di daerah Kabupaten Bekasi . ( (MUHAMMAD ADIMAJA))

Terduga Teroris di Condet dan Bekasi Disebut Telah Siapkan Lebih dari 100 Bom Berdaya Ledak Tinggi

31 Maret 2021 13:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Pihak Kepolisian mengatakan, lebih dari 100 bom telah disiapkan terduga teroris yang ditangkap di Cibarusah, Serang Baru, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dan Condet, Jakarta Timur, Senin (29/3/2021).

Bom tersebut berjenis bom panci dan bom jenis lainnya yang memiliki daya ledak tinggi. "Kalau mau ditotalkan itu ada 100 lebih bom yang akan disiapkan," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Selasa (30/3/2021), dikutip dari tayangan Kompas TV.

Yusri menyebutkan, bom yang sudah siap diledakkan oleh terduga teroris itu ada 12 unit.
Sejumlah bom itu ditemukan di Bekasi dan Condet.

"Total yang ada, ada 12 yang siap digunakan. Lima bom ada di tempat ZA (di Bekasi) dan tujuh bom di tempat saudara HH (di Condet)," ujar Yusri.

Adapun Polri menangkap empat terduga teroris berinisial ZA (37), BS (43), AJ (46), dan HH (56) di beberapa lokasi berbeda, Senin (29/3/2021).

Sebelumnya diberitakan penangkapan dilakukan di dua tempat, yakni di Cibarusah Bekasi dan Condet. Namun, berdasarkan informasi terkini, para terduga teroris ditangkap di empat lokasi berbeda.


Yusri menjelaskan, penangkapan pertama dilakukan terhadap terduga teroris ZA di Kabupaten Bekasi.


"Kemudian ada saudara HH di showroom motor. TKP kediamannya sendiri di Condet, Jakarta Timur," ujar Yusri, Selasa.

Polisi kemudian melakukan pengembangan dan menangkap AJ di wilayah Cirendeu, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

"AJ ini diamankan di daerah Cirendeu, Ciputat Timur, Tangsel. Lalu ada BS Diamankan di Mangga Dua, Pademangan," ucap Yusri.


Keempat terduga teroris ini memiliki peran masing-masing dalam membuat bom. HH berperan sebagai motivator dan fasilitator.

"Di kediaman ZA (barang bukti) sendiri ada lima bom aktif, botol kecil sekitar 200 mili yang sudah dirakit," ujar Yusri.

Polisi juga mendapatkan beberapa barang bukti berupa atribut ormas berupa kartu nama dan jaket FPI.

Namun, polisi masih mendalami keterkaitan empat terduga teroris itu dengan ormas tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terduga Teroris di Condet dan Bekasi Disebut Siapkan Lebih dari 100 Bom Berdaya Ledak Tinggi", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2021/03/31/12202511/terduga-teroris-di-condet-dan-bekasi-disebut-siapkan-lebih-dari-100-bom?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm