Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

Sering Mengalami Masalah Insomnia ? Berikut 5 Tips Untuk Mengatasinya

7 April 2021 19:50 WIB

SonoraBangka.id - Setiap orang bisa mengalami kesulitan untuk tidur pada malam hari, tentunya dengan banyak pemicu yang berbeda-beda pula.

Kondisi seperti ini dikenal dengan sebutan insomnia.

Insomnia adalah ketika seseorang mengalami masalah kesulitan tidur, tidak cukup tidur atau keduanya hampir setiap malam dalam seminggu."

Demikian dikatakan Alicia Roth, PhD, Psikolog perilaku dan pemulihan masalah tidur dari Cleveland Clinic.

"Jika kita mengalaminya kurang dari tiga bulan, itu bisa dikatakan insomnia akut. Jika sudah lebih dari tiga bulan, itu tergolong insomnia kronis," sambung dia.

Roth juga mengatakan, insomnia bisa terjadi karena banyak hal.

“Ini bisa disebabkan karena peristiwa traumatis, masalah kesehatan mental, masalah medis, peristiwa kehidupan yang membuat stres," "Stres yang dialami pun tak hanya berkaitan dengan hal yang negatif, bisa juga karena memulai pekerjaan baru, pindah atau apa pun itu."

Lalu, bagaimana caranya mengatasinya, dan membuat tidur lebih awal? Roth mengatakan, memiliki rutinitas tidur adalah kunci untuk menenangkan insomnia yang terjadi.

Dia mengatakan, tubuh dan pikiran menyukai prediktabilitas dalam banyak konteks berbeda dalam hidup, termasuk tidur.

Tubuh dan pikiran suka memprediksi lingkungan seperti apa yang dikenakan, suhu ruangan, seperti apa tempat tidur dan seprai kita, seperti apa bau tempat tidur kita.

Semua faktor ini membuat perbedaan karena telah terkondisikan pada sensasi, perasaan, dan rutinitas tertentu.

Jika tubuh dan pikiran dapat memprediksi kapan dan di mana tidur seharusnya terjadi, tentu kita dapat menyiapkan diri untuk tidur malam yang nyenyak.

Nah, berikut ini adalah tips mengatasi insomnia dan cara untuk tidur lebih awal dari biasanya:

1. Rutinitas anak-anak

Kita semua tentu ingat dengan rutinitas di masa kecil tentang waktu tidur. Soal mandi, menyikat gigi, dan menonton acara televisi atau pun membaca buku favorit, sebelum waktunya menutup mata.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm