Masjid At-Taqwa Semabung Baru Kota Pangkalpinang menggelar sahalat tarawih pertama, Senin (12/4/2021) malam.
Masjid At-Taqwa Semabung Baru Kota Pangkalpinang menggelar sahalat tarawih pertama, Senin (12/4/2021) malam. ( angkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Kurangi Jumlah Rakaat Sholat di Masa Pandemi, Masjid At-Taqwa Semabung Baru Gelar Sholat Tarawih

12 April 2021 22:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Malam ini Masjid At-Taqwa Semabung Baru Kota Pangkalpinang menggelar salat tarawih pertama, Senin (12/4/2021) malam, setelah adanya keputusan pemerintah mengenai penetapan awal 1 Ramadhan 1442 Hijriah atau puasa 2021 ditetapkan usai sidang isbat yang digelar pada Senin (12/4/2021) sore.

Berdasarkan pantauan Bangkapos.com dari shaf depan hingga belakang laki-laki terlihat  dipenuhi para jamaah sholat tarawih. Begitu juga dengan tempat salat wanita juga terlihat penuh hingga belakang.

Ada yang terlihat salat masih menganakan masker dan ada pula yang tak menggunakan masker, dan jarak sholat juga tak begitu jauh.

Ketua Pengurus Masjid At-Taqwa Subanto mengatakan mulanya sebelum pandemi salat digelar sebanyak 23 rakaat disertai witir.

Akan tetapi sejak dua tahun terakhir salat terpaksa dipangkas menjadi 11 rakaat saja sebab mengingat tak ingin terlalu lama dimasjid untuk berkumpul.

"Kita pangkas jumlah rakatnya sejak tahun 2020 lalu, supaya masyarakat tidak terlalu lama untuk saling bertemu dan berinteraksi itu. Agar sholat tetap kita laksankan kita kurangi waktunya," ucap Subanto kepada Bangkapos.com.

Menurutnya, persiapan menyambut ramadhan juga sudah dilakanakan para pengurus masjid sejak bulan lalu baik untuk penentuan imam hingga jadwal tadarus.

Tak hanya itu,  menurut Subanto terkait protokol kesehatan juga sudah diingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan baik.

"Kami sudah imbau agar tetap patuhi protokol kesehatan agar ibadah yang kita jalankan tetao lancar, dan kita semua tetap dalam lindungan Allah. Semoga salat tarawih berjamaah ini bisa terus kita gelar hingga akhir ramadhan nantinya," ujar Subianto.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Masjid At-Taqwa Semabung Baru Gelar Salat Tarawih, Kurangi Jumlah Rakaat Salat di Masa Pandemi, https://bangka.tribunnews.com/2021/04/12/masjid-at-taqwa-semabung-baru-gelar-salat-tarawih-kurangi-jumlah-rakaat-salat-di-masa-pandemi.
ti

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm