Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil melakukan rapat koordinasi tentang penataan pemasangan jaringan kabel bersama para stakeholder terkait pada di Ruang Pertemuan Kantor Walikota, Kamis (15/4/2021).
Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil melakukan rapat koordinasi tentang penataan pemasangan jaringan kabel bersama para stakeholder terkait pada di Ruang Pertemuan Kantor Walikota, Kamis (15/4/2021). ( Sonorabangka.id/ Zulhaidir)

Ganggu Pemandangan, Pemkot Pangkalpinang Ingin Rapikan Kabel Udara

16 April 2021 16:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil menggelar Rapat Koordinasi Penataan dan Peraturan Pemasangan Instalasi dan Jaringan Kabel bersama stakeholder terkait di Ruang Pertemuan Kantor Walikota, Kamis (15/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Walikota yang akrab disapa Molen ini mengatakan bahwa pihaknya ingin merapikan jaringan kabel udara yang terlihat semrawut di jalan-jalan protokol Kota Pangkalpinang.

"Jadi gini, banyak kabel-kabel yang sudah berseliweran di Kota Pangkalpinang ini, sehingga mengganggu keindahan Kota Pangkalpinang, perih mata saya melihat itu, sangat mengganggu sekali," tutur Molen.

"Oleh sebab itu, hari ini kami mengundang para stake holder terkait yang terlibat masalah perkabelan di Kota Pangkalpinang ini, yang di atas-atas itu," lanjutnya.

Molen pun mengatakan, setelah rapat koordinasi ini dilakukan, kini pihaknya menjadi tahu siapa saja yang punya kabel-kabel tersebut.

"Setelah rapat kita jadi tahu, siapa saja yang punya kabel itu, yang dengan kode misalnya tiang atasnya putih punya siapa, yang tiang kode bawahnya itu di cat ada merah putih itu telkom, ternyata sebetulnya mereka sudah punya kapling masing-masing, ada beberapa yang menggantung di tiang PLN, numpang disitu, ternyata ada juga diantara mereka yang ndak tau itu kabel siapa," jelas Molen.

Untuk merapikan kabel-kabel tersebut, Pemkot Pangkalpinang akan membentuk tim yang dipimpin oleh Dinas Perhubungan dan berkoordinasi dengan OPD terkait lainnya.

Selain itu tim juga diminta untuk membuat Raperda yang berkaitan dengan jaringan kabel dan tiangnya.

Menurut Molen hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kerapian dan keindahan Kota Pangkalpinang.

"Artinya ini banyak kabel-kabel itu yang bisa kita tertibkan untuk yang tidak terpakai lagi, mudah-mudahan dalam waktu dekat tim kita bisa segera menertibkan kabel-kabel di Kota Pangkalpinang ini," pungkasnya.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm