Ilustrasi pencegahan wabah virus corona
Ilustrasi pencegahan wabah virus corona ( SHUTTERSTOCK/WOOCAT)

Tidak Sedikit yang Lalai, Berikut Etika Batuk / Bersin di Tempat Umum

26 April 2021 14:15 WIB

SonoraBangka.id - Sebelum adanya pandemi Covid-19, banyak yang beranggapan bahwa batuk pilek menjadi masalah kesehatan yang ringan dan umum dialami banyak orang.

Tetapi saat ini tak jarang orang merasa khawatir bila dirinya terkena batuk pilek sebab termasuk dalam salah satu gejala terinfeksi Covid-19.

Hal ini membuat banyak orang lebih waspada apabila di lingkungan sekitarnya ada yang batuk atau bersin. Tujuannya tentu saja melindungi diri agar tidak tertular.

Kendati demikian, kesadaran untuk melindungi juga sebaiknya datang dari orang yang sedang terkena batuk pilek.

Saat sedang tidak enak badan, lebih baik diam di rumah dan kurangi interaksi dengan orang lain. Hindari menularkan virus ke sekolah, kantor, atau tempat lain.

Kalau pun terpaksa ke luar rumah, jangan lupa memakai masker wajah. Masker dapat melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar.

Masker akan mengurangi laju tetesan pernapasan yang keluar ke udara terbuka untuk menjangkau dan menginfeksi orang lain.

Usahakan untuk selalu membawa cadangan masker karena masker bisa basah dan perlu diganti.

Selain itu, batas pemakaian masker maksimal empat jam. Selain memakai masker, jangan lupa untuk menerapkan etika ketika batuk dan bersin.

Berikut ulasannya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm