Pemerintah Kabupaten Bangka kembali meraih penghargaan yang cukup bergengsi di tingkat nasional.
Pemerintah Kabupaten Bangka kembali meraih penghargaan yang cukup bergengsi di tingkat nasional. ( Diskominfotik Bangka)

Pemkab Bangka Raih Penghargaan PPD Terbaik di Tingkat Nasional

6 Mei 2021 09:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka kembali meraih penghargaan yang cukup bergengsi di tingkat nasional.

Penghargaan yang diperoleh oleh Pemkab Bangka tersebut yakni Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik pertama tingkat nasional dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Kabupaten Bangka berhasil unggul dari 415 Kabupaten lain yang ada di Indonesia dan penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara virtual, Selasa (4/5/2021).

Ini merupakan kali kedua Kabupaten Bangka masuk dalam nominasi tiga besar tingkat nasional dalam penghargaan PPD.

Sebelumnya pada tahun 2020 silam Kabupaten Bangka berhasil meraih peringkat ketiga dalam penghargaan tersebut.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan, penghargaan tersebut merupakan berkat dukungan serta kerja sama dari seluruh pihak.

Sehingga nilai nilai pembangunan daerah dapat tercapai dengan baik meskipun ditengah masa pandemi covid-19.

"Alhamdulillah kita ada peningkatkan prestasi dari tahun kemarin yang hanya menduduki peringkat tiga nasional. Tahun ini kita terbaik nasional dan tugas kita kedepannya untuk mempertahankan prestasi ini," ungkap Mulkan.

Dalam melaksanakan pembangunan, Pemerintah Kabupaten Bangka mengedepankan unsur pentahelix. Terdiri atas Pemerintah, Masyarakat, Pengusaha, Akademisi, dan Media Masa dalam membangun daerah sehingga dapat terlaksana dan tepat sasaran.

Sementara itu, Kepala BAPPEDA Bangka Pan Budi Marwoto menjelaskan diraihnya penghargaan tersebut akan memberikan dampak terhadap bantuan Dana Insentif Daerah (DID) yang diperoleh Kabupaten Bangka.

Sehingga diharapkan dana bantuan tersebut lebih besar dan dimanfaatkan untuk pembangunan daerah.

"Tahun lalu kita terbaik ketiga nasional dan mendapatkan DID tambahan sebesar sembilan milyar. Jadi tahun ini kemungkinan akan meningkat dengan diraihnya terbaik pertama tingkat nasional," tutur Pan Budi.

Selain mengumumkan PPD kabupaten terbaik senasional, musrembangnas tersebut juga mengumumkan PPD kota serta provinsi terbaik tingkat nasional. Berikut daftar pemenang PPD sesuai dengan kategori penilaian.

Kabupaten Terbaik :
1. Bangka
2. Banggai
3. Hulu Sungai Selatan

Kota Terbaik :
1. Semarang
2. Padang
3. Bandung

Provinsi Terbaik :
1. Sumatera Barat
2. Jawa Barat
3. Bengkulu

SumberDiskominfotik Bangka
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm