Transmisi manual yang ada di Sienta tipe G. (Ghulam/KompasOtomotif)
Transmisi manual yang ada di Sienta tipe G. (Ghulam/KompasOtomotif) ( kompas.com)

Kebiasaan Salah Bagi Orang yang Baru Belajar Mengemudi Mobil Manual

13 Mei 2021 13:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Mengisi Momen libur panjang seperti libur Lebaran bisa dimanfaatkan untuk latihan menyetir mobil bertransmisi manual.

Bagi sebagian orang, belajar menyetir mobil transmisi manual bisa meningkatkan kepekaan pengemudi.

Selain itu, kalau seseorang sudah lihai menyetir mobil transmisi manual, maka tidak akan masalah baginya bila untuk menyetir mobil matik. Hal ini belum tentu berlaku untuk kondisi sebaliknya.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak mengatakan, pengemudi pemula yang sedang belajar mengemudikan mobil manual perlu memperhatikan model perpindahan giginya. Ini karena model transmisi antar mobil belum tentu sama.

“Kenali dulu model pemindahan gigi, terkadang transmisi mobil manual antara yang satu dengan yang lain berbeda. Ini untuk kenyamanan dan keamanan selama berkendara,” kata Suparna kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, Suparna juga mengingatkan para pemula untuk memahami momen dalam menginjak dan melepas pedal kopling.

Ia menjelaskan, terlalu cepat melepas pedal kopling saat posisi perseneling tidak netral tentu akan membuat mobil loncat dan mesin akan mati.

Walau begitu, Suparna juga mengatakan jangan melepas pedal kopling terlalu pelan. Ini bisa menyebabkan kampas kopling cepat aus.

Selanjutnya, perpindahan transmisi jangan dilakukan terburu-buru. Akan berisiko merusak komponen pada sistem transmisi ketika gigi transmisi belum terkunci tapi perseneling sudah keburu dipindahkan.

Umumnya bila melakukan hal seperti ini, akan timbul suara "krak" pada sistem transmisi.

Terakhir, jangan mengistirahatkan kaki kiri di atas pedal kopling. Suparna menjelaskan bahwa kebiasaan tersebut akan membuat pedal kopling tertekan. walau sedikit, bisa berpotensi mempercepat ausnya kampas kopling.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebiasaan Salah Orang yang Baru Belajar Mengemudi Mobil Manual", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/13/103100615/kebiasaan-salah-orang-yang-baru-belajar-mengemudi-mobil-manual.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm