Aki motor butuh perawatan agar performa tetap baik (kompas.com)
Aki motor butuh perawatan agar performa tetap baik (kompas.com) ( kompas.com)

Perawatan Aki Motor Supaya Tetap Awet

15 Mei 2021 21:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pada sepeda motor aki merupakan salah satu bagian penting yang berfungsi sebagai penyuplai kelistrikan pada sepeda motor.

Fungsi aki lainnya yang lebih penting adalah untuk membantu saat pertama kali menghidupkan motor melalui electric starter.

Pada dasarnya masa berlaku untuk pemakaian aki adalah 24 bulan, Tapi ada beberapa indikasi yang menyebabkan kinerja aki menurun dan mengakibatkan kualitasnya juga ikut menurun.

"Kalau aki mau awet ya perawatannya juga diperhatikan, panasi motor sebelum digunakan. Bisa juga ganti kiprok aki yang lebih bagus biar pengisiannya juga maksimal," Kata Fendy, mekanik bengkel 3G motor di Solo, Jawa Tengah kepada Kompas.com belum lama ini.

Ada beberapa saran atau tindakan yang harus dilakukan untuk menjaga agar aki motor tidak mudah rusak atau soak.

Sehingga penggunaanya akan lebih lama dan menghemat biaya pengeluaran untuk perawatan motor.

Pertama, perhatikan penggunaan aksesori yang terpasang di sepeda motor, terutama yang berhubungan dengan kelistrikan.

Aksesori yang perlu diperhatikan supaya aki tetap awet antara lain jangan menggunakan lampu yang membutuhkan suplai listrik tinggi.

Selain itu, mengubah tipe klakson yang melebihi standar pabrik dan penambahan perangkat lain yang membutuhkan suplai listrik yang banyak sebaiknya jangan dilakukan.

Kedua, jangan memaksa untuk starter elektrik. Starter elektrik merupakan komponen yang membutuhkan suplai listrik besar dari aki motor. Untuk itu jangan paksakan menggunakan electric starter jika tidak berfungsi normal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm