CVT matik (Stanly/Otomania)
CVT matik (Stanly/Otomania) ( kompas.com)

Kebiasaan Salah Pengendara Skutik yang Bikin CVT dan V-Belt Cepat Rusak

20 Mei 2021 20:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Skuter matik (skutik) banyak dipilih oleh banyak orang karena kepraktisannya. Sebab, untuk mengendalikannya, cukup tinggal memainkan gas dan remnya saja.

Walau demikian, masih banyak pengendara skutik yang melakukan kebiasaan salah saat berkendara. Apalagi, ketika sedang berada dalam kondisi jalan yang macet.

Masih banyak yang bermain gas, namun sambil menahan tuas rem. Kebiasaan tersebut dapat berdampak pada v-belt dan rumah CVT (Continuously Variable Transmission).

"Itu kesalahan besar dan sampai sekarang banyak dilakukan pengguna motor matik," ujar Wedijianto Widarso, General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), beberapa waktu lalu.

Wedi menambahkan, v-belt dan rumah CVT bisa cepat rusak kalau kebiasaan tersebut terus dilakukan. V-belt akan menjadi mudah retak dan pada batok CVT akan sedikit meleleh, sehingga harus diganti sebelum waktunya.

"Jadi kalau sambil gas terus sambil mengerem juga, CVT dipaksa untuk memutar juga dan timbul gesekan-gesekan yang akan merusak dalam jangka waktu yang cukup lama itu," kata Wedi.

Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta Rendra Kusuma, mengatakan, menarik gas bersamaan dengan menarik tuas rem akan membuat CVT bekerja ekstra.

Hal ini menyebabkan kampas kopling otomatis yang ada pada CVT akan cepat habis karena terus bergesekan dengan mangkoknya.

"Karena kalau terus bergesekan dengan mangkoknya akan cepat habis kampas koplingnya," ujar Rendra.

Rendra menambahkan, CVT sebaiknya dicek tiap 4 bulan atau setelah 8.000 km. Namun, kalau kebiasaan tersebut terus dilakukan, sebaiknya dicek lebih awal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebiasaan Pengendara Skutik yang Bikin CVT dan V-Belt Cepat Rusak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/20/140100615/kebiasaan-pengendara-skutik-yang-bikin-cvt-dan-v-belt-cepat-rusak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm