Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. ( (Dokumentasi PAN) )

Zulkifli Hasan Katakan Harus Dibuktikan dengan Aksi Nyata, Galang Donasi untuk Palestina

21 Mei 2021 16:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Zulkifli Hasan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN)  meminta Fraksi PAN di DPR untuk membantu warga Palestina melalui penggalangan dana.

Permintaan tersebut ia sampaikan kepada Ketua Fraksi PAN Saleh Daulay. "Saya minta Pak Saleh untuk mulai galang dari anggota-anggota DPR kita. Saya yang mulai. Bismillah kita terus dukung perjuangan rakyat Palestina," ucap Zulhas dalam keterangan tertulis, Kamis (20/5/2021).


Zulkifli menuturkan, keberpihakan terhadap rakyat Palestina harus dibuktikan dengan aksi nyata. "Kita terus dorong dari berbagai sisi. Lobi di level Internasional. Kirim bantuan dan paramedis. Sampai galang donasi. Paling minimal kita doakan. Itu sangat penting," ungkapnya.

Adapun Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi memberikan pidato dalam pertemuan Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, Kamis (20/5/2021).

Dalam pidatonya, Retno menjelaskan keamanan dan kesejahteraan manusia merupakan prioritas utama. Ia juga mendesak penghentian kekerasan yang terjadi di wilayah Palestina.


Retno menyoroti kekerasan dan kondisi buruk terhadap anak-anak di Palestina. Ia prihatin dengan kondisi anak-anak yang menderita akibat konflik.

Dikutip dari Kompas.id, Sidang darurat kabinet mini Israel urusan politik dan keamanan yang dipimpin Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akhirnya memberi suara setuju gencatan senjata untuk mengakhiri perang Gaza.

Stasiun televisi Israel, channel 12, melansir, gencatan senjata mulai berlaku Jumat (21/5/2021) pukul 02.00 sesuai kesepakatan dengan Mesir. Perang Gaza yang berlangsung selama 11 hari telah membawa korban 232 orang tewas dari pihak Palestina, di antaranya 65 anak kecil dan 39 perempuan serta 1.900 orang luka-luka. Dari pihak Israel 12 orang tewas dan 600 orang luka-luka.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Galang Donasi untuk Palestina, Zulkifli Hasan: Keberpihakan Harus Dibuktikan dengan Aksi Nyata", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/05/21/14260111/galang-donasi-untuk-palestina-zulkifli-hasan-keberpihakan-harus-dibuktikan.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm